Powered

Kunjungi Web Kami : Penida Blissful Trip

11 Kawasan Wisata Langkat Sumatera Utara Paling Menarik

Wisata Langkat - Pesona alam, keindahan budaya dan kearifan lokal Indonesia seakan tak ada habisnya untuk disaksikan. Sumatera Utara, propinsi yang satu ini mempunyai daerah-daerah dengan kondisi alam yang amat indah dan kebudayaan yang unik, kuno serta amat mempesona. Selain itu, pesona lainnya ialah propinsi ini mempunyai beragam satwa liar langka dan eksotis Indonesia.

Salah satu daerah yang mempunyai pesona keindahan tersebut ialah Kabupaten Langkat. Daerah yang mempunyai ibukota kabupaten berjulukan Stabat ini menyimpan pesona alam dan budaya yang luar biasa. Daerah ini sangat cocok untuk Anda pecinta alam dan petualang alasannya ialah inilah tempat yang sempurna untuk melihat bagaimana ekosistem luar biasa.

Jaraknya yang hanya sekitar 40 kilometer dari kota Medan menjadi nilai tambah dari daerah tujuan wisata yang satu ini. Apakah Anda ingin berpetualang di hutan nan eksotis atau ingin trekking menuju riam nan super indah di Langkat. Berikut ini pilihkan tempat-tempat wisata yang paling menarik di jangkat.

1. Pesona Air Terjun Tongkat


a photo take by@yudichester93 via instagram
Air terjun Tongkat merupakan salah satu potret keindahan alam Langkat yang mempesona. Sebuah riam fenomenal yang terletak di tengah hutan nampak begitu eksotis dan memukau. Air terjun yang sebetulnya berjulukan Lau Balis ini disebut sebagai riam Tongkat alasannya ialah adanya sebatang pohon besar menyandar pada riam ibarat tongkat.


a photo by @stephanieyanto via instagram
Air terjun ini menjadi begitu hits dan ramai dikunjungi saat aktivitas wisata salah satu televisi swasta nasional mengeksplore riam nan anggun ini. 

Air terjun ini terletak dalam wilayah administratif Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Berjarak sekitar 48 kilometer dari kota Binjai, 65 kilometer dari Stabat dan 68 kilometer dari kota Medan. 

Tak gampang untuk mencapai lokasi riam nan eksotis ini. Perjalanan panjang dan melelahkan menjadi harga yang harus Anda bayar. Pertama Anda harus melaksanakan perjalanan menuju Sungai Bingai. Kemudian saat bertemu Polres Sei Bingai Anda harus berbelok ke kanan. Sebaiknya Anda rajin bertanya alasannya ialah petunjuk jalan menuju lokasi ini sangat minim. 

Posko Pelaruga ialah gerbang masuk ke Lokasi nan eksotis ini. Untuk hingga ke riam tongkat, kita harus berjalan kaki dengan medan naik turun selama kurang lebih 1 jam. Di tempat ini ada 3 lokasi wisata yang sayang untuk Anda lewatkan. Agar perjalanan Anda berjalan lancar sebaiknya Anda menyewa pemandu wisata lokal dengan biaya Rp30.000 hingga Rp60.000 per orang. Lumayan mahal jadi Anda harus pintar tawar menawar.

Sesampai di lokasi riam ini, biaya yang mahal dan perjalanan yang melelahkan rasanya pribadi terbayar dengan keindahan riam ini. Tak lengkap rasanya jikalau tak menceburkan diri ke riam yang jernih dan higienis ini. Tempat yang sangat alami dan memang belum ada kemudahan apapun. 

Persiapan matang harus Anda lakukan untuk melaksanakan trekking ke riam yang super menawan ini. Agak disayangkan, banyak tangan jahil yang membuang sampah sembarangan sehingga keeksotisan riam ini terganggu. Untuk itu, bagi Anda yang ingin ke tempat ini jangan lupa jaga kebersihannya.

2. Arung Jeram Sungai Bingei


sumber : lakako.com
Rafting di Sungai Bingei ialah pilihan sempurna bagi Anda pencinta wisata dan olahraga yang memacu adrenalin ini. Lokasinya berada di desa Sungai Bingei yang akrab dari Kota Medan sekitar 40 km dan dari kota Binjai lokasi arung jeram Sungai Bingei sanggup dicapai sekitar 30 menit berkendaraan dengan jarak lebih kurang 20 km.

Sungai Bingei selain mempunyai spot jeram yang menantang, kondisi alamnya juga sangat luarbiasa. Selain itu bermacam-macam kemudahan di tempat ini sanggup menciptakan perjalanan wisata Anda berasa begitu nyaman dan menyenangkan.

3. Keindahan Air Terjun Teroh-teroh


a photo by @setian70 via instagram
Tak jauh dari riam Tongkat, satu lagi riam yang amat mempesona. Untuk mencapai riam teroh-teroh perjalanan terjal turun naik yang melelahkan terbayar saat Anda melihat riam teroh-teroh yang amat mempesona. Alam selalu menjanjikan sesuatu yang manis. Sesuatu yang manis akan Anda temukan saat di penghujung sungai yang Anda susuri untuk mencapai si anggun teroh-teroh. 

a photo by @via_rosatarigan via instagram
Nama riam teroh-teroh berasal dari Bahasa Karo yang berarti bawah-bawah. Hal ini mungkin alasannya ialah letak riam ini berada di bawah lembah dan tebing. Dengan ketinggian sekitar 12 meter, riam ini mempunyai pemandian yang amat jernih. Perpaduan suasana alam yang hijau akan memanjakan Anda para pencinta alam sejati.

4. Pemandian Alami Kolam Abadi Langkat


a photo by @rafizari via instagram
Sebelum mencapai riam teroh-teroh Anda akan melewati kolam Abadi yang super jernih dan bening. Dihiasi dengan tebing-tebing tinggi, tempat ini cocok untuk Anda yang ingin cliff jumping.


a photo by @silviarisy via instagram
Tempat yang cocok untuk Anda yang gemar berenang dan menyelam. Indah dan sangat jernih itulah keindahan ajaran sungai yang satu ini.

5. Kesejukan Bukit Lawang Langkat


a photo by @_ne__na_ via instagram
Bukit Lawang, mendengar namanya mungkin tak abnormal bagi Anda. Ya, memang ada beberapa tempat wisata di Indonesia mempunyai nama Bukit Lawang. Salah satunya ialah Bukit Lawang Langkat. Kawasan wisata ini terletak di Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara berjarak sekitar 68 km sebelah barat laut Kota Binjai dan sekitar 80 km di sebelah barat laut kota Medan.


a photo by @nenadmirkovicvia instagram
Ada banyak sekali kegiatan menarik yang sanggup Anda lakukan di bukit lawang diantaranya melihat kekayaan tanaman dan fauna, tubing, caving di goa kelelawar, memberi makan orang hutan ataupun Anda juga sanggup mandi mencicipi sejuknya riam Bukit Lawang. Suasana asri dan menyegarkan di daerah ini akan membawa kesan mendalam bagi perjalanan wisata Anda di daerah ini.

6. Hidden Paradise Ekowisata Tangkahan


a photo by @nasrullah_wafa via instagram
Inilah salah satu hidden paradise yang dimiliki Langkat. Panorama alam menakjubkan yang ditawarkan tangkahan menciptakan tempat ini tak hanya terkenal di Indonesia tetapi juga luar negeri. Ekowisata Tangkahan terletak di daerah Taman Nasional Gunung Leuser yang terletak di Kabupaten Langkat. 


a photo by @jejakanaknegeri_7 via instagram
Salah satu icon tangkahan ialah gajah. Ya, di tempat ini para wisatawan sanggup berinteraksi dan memandikan pribadi mamalia yang satu ini. Selain Gajah, Anda juga sanggup melihat orangutan dan ratusan fauna serta tanaman indah lainnya. Menakjubkan itulah hal yang Anda rasakan saat berada di tempat ini. 


a photo by @Tangkahan via instagram
Ada banyak spot wisata yang sanggup Anda kunjungi di tempat ini bersama guide tentunya. Berbicara kemudahan tak perlu Anda tanyakan alasannya ialah di tempat ini terdapat banyak kemudahan mirip penginapan yang tidak mengecewakan lengkap. Penginapan tersebut seperti Bamboo River Lodge, Green Lodge, Jungle Lodge, dan Tangkahan Inn. Biaya menginapnya pun terbilang tak mahal, hanya sekitar Rp100.000,- hingga Rp200.000,- per malam.

Lokasi wisata ini berada tak begitu jauh dari kota Medan. Tak jauh juga dari Bukit Lawang yang masih berada dalam satu daerah dengan Tangkahan. Pesonanya benar-benar menciptakan siapa saja yang tiba ke tempat ini berada kolam di surga.

7. Wisata Religi Masjid Azizi Langkat


sumber : anggigeo.wordpress.com
Salah satu hal yang tak boleh terlewatkan ialah Anda mengunjungi objek wisata religi. Selain di setiap perjalanan Anda harus memohon keselamatan pada Tuhan yang Maha Esa. Ada hal-hal menarik dan unik di setiap tempat ibadah yang ada di daerah-daerah. Salah satunya ialah Masjid Azizi Langkat.

Masjid peninggalan Kesultanan Langkat yang berada di kota Tanjung Pura ini mempunyai arsitektur yang megah dan indah. Kekayaan nilai sejarah Kesultanan Langkat menempel pada corak masjid nan satu ini. Masjid ini harusnya jadi persinggahan utama Anda di Langkat. Selain indah, masjid yang kaya sejarah ini juga merupakan tempat ibadah yang nyaman.

8. Pesona Air Terjun Siluman


a photo by @amroemoee via instagram
Air terjun yang mempunyai nama orisinil Dewi Sinta ini merupakan salah satu riam menawan sekaligus menantang di Langkat. Butuh usaha ekstra untuk mencapai lokasi riam ini. Berada sekitar 20 kilometer dari Kota Binjai, lokasi tepanya ialah dalam wilayah administratif Desa Garunggang kecamatan Sei Binge, Langkat.


a photo by @okberarfiansyah via instagram
Dengan keunikan debit air yang berubah-rubah bahkan pernah tidak ada menciptakan riam ini dinamakan riam siluman oleh masyarakat setempat. Air terjun ini mempunyai kolam yang bening sebening kaca. Tak sabar rasanya untuk menceburkan diri ke kolam tersebut. Rasa lelah sesudah berjalan kaki selama 60 menit dan berkendara melewati jalan tanah yang menantang akan terbayar lunas saat melihat riam super anggun ini.

9. Pesona Air Terjun Jodoh


sumber : mulpix.com
Ini ialah riam terindah yang ada di Langkat. Air terjun ini memang tak gampang untuk dicapai. Letaknya berada dalam wilayah Dusun Pamah Semelir, Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingei. 

Untuk masuk ke lokasi riam ini Anda harus membayar sebesar Rp40.000,- per orang dan akan mendapat layanan guide yaitu polisi hutan yang bertugas di daerah setempat. Hal tersebut sangat wajar, alasannya ialah untuk menjadi pemandu wisata menuju riam tersebut memang tak mudah. Anda harus berjalan sejauh 3 jam melehati hutan yang tidak mengecewakan ekstrim alasannya ialah berbukit-bukit. 

Ketika Anda melihat Air terjun anggun ini, rasa lelah Anda akan mendadak hilang alasannya ialah keindahannya yang luar biasa.

10. Pantai Kuala Serapuh

sumber : an.tv
Jika Anda ingin menikmati suasana berbeda di Langkat, objek wisata laut yang satu ini sanggup menjadi pilihan wisata Anda. Pantai Kuala Kerapuh merupakan sebuah pantai indah dengan keunikan pasir pantai berwarna hitam. Di tempat ini Anda akan mencicipi suasana nyaman dengan pemandangan hamparan laut luas, tiupan semilir angin dan pepohonan hijau nan menyejukkan.

Aktivitas yang sanggup Anda lakukan di pantai yang terletak di Tanjung Pura ini ialah bermain volley, memancing ataupun berenang di pinggir pantai yang mempunyai ombak tak terlalu besar ini.

11. Keindahan Air Terjun Saringgana


a photo by @rezaceperr via instagram
Tempat terakhir yang amat menarik ialah Air Terjun Saringgana. Air terjun menawan dengan ketinggian 60 meter ini layak menjadi destinasi utama Anda saat berada di Langkat. Air terjun ini terletak di dalam daerah Taman Nasional Gunung Leuser Desa Sulkam, Kecamatan Kutambaru Marike, Kabupaten Langkat. Berjarak waktu perjalalan sekitar 3 jam dari kota Medan. Keindahan riam ini, akan menciptakan Anda betah berlama-lama di tempat ini.



Baca Juga 10 Tempat Wisata Labuhanbatu Sumatera Utara Paling Menarik

Itu tadi sebelas tempat pilihan yang ada di Langkat yang amat menarik untuk Anda kunjungi. Tempat-tempat indah tersebut merupakan anugerah Tuhan yang harus kita jaga. Jangan dirusak tempat-tempat tersebut dengan mengotorinya. Tetap semangat berpetualang mengelilingi tanah Indonesia yang kaya. 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Kawasan Wisata Langkat Sumatera Utara Paling Menarik"

Posting Komentar