Powered

Kunjungi Web Kami : Penida Blissful Trip

31 Daerah Wisata Di Garut Jawa Barat Terbaik Dan Paling Menarik

Wisata Garut - Garut mempunyai pesona yang luar biasa. Kabupaten yang mempunyai ibukota Tarogong Kidul ini mempunyai tempat-tempat menakjubkan yang amat mempesona. Daerah indah ini mempunyai sebagian wilayah dengan kondisi yang sejuk sebab sebagian daerahnya yaitu pegunungan.


Keindahan alam, pesona budaya dan masakan khas di daerah yang satu ini layak Anda jadikan tempat wisata utama di Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Sumedang di utara, Kabupaten Tasikmalaya di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung di barat.

Apa saja tempat wisata alam yang layak Anda kunjungi di Garut. Berikut beberapa tempat yang menakjubkan yang pilihkan untuk Anda.


1. Gunung Papandayan


a photo by @jelajah_garut via instagram
Tempat utama yang layak Anda kunjungi yaitu Gunung Papandayan. Gunung yang mempunyai ketinggian 2.665 mdpl mempunyai pemandangan yang begitu menakjubkan dengan kawah-kawahnya mirip Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya yang menambah keeksotisan pemandangan di Gunung ini.

Lokasi Gunung Papandayan
Gunung ini terletak di kecamatan Cisurupan Garut, berjarak sekitar 30 kilometer dari sentra kota Garut. Objek wisata favorit bagi para pendaki pemula ini merupakan daerah dengan tofografi cukup curam dikelelilingi hijau pepohonan dan udara amat sejuk.

Rute dan Transportasi
Untuk menuju gunung Papandayan Anda sanggup melewati Jl. Kawah Papandayan dan Jalan Raya Garut - Cikajang. Jika Anda berangkat dari Jakarta ataupun Bandung banyak sekali alternatif transportasi sanggup Anda pilih. Salah satunya yaitu moda transportasi bus atau elf Garut menuju terminal Guntur yang mempunyai harga cukup terjangkau.

Kemudian untuk menuju Cisurupan Anda sanggup menaiki angkot ataupun bis. Di kecamatan Cisurupan (kurang lebih 30 Km dari garut kota) anda akan menemukan jalan menuju papandayan yang terletak sempurna di pinggir Mesjid Agung Cisurupan. Nah, dari masjid ini Anda sanggup naik ojek dengan tarif sekitar Rp30.000,- untuk ke lokasi pendakian. Sebaiknya lakukan tawar menawar ya semoga tak menyesal.

Keindahan Gunung Papandayan

Sumber : blog.cozmeed.com
Gunung Papandayang mempunyai pesona yang luar biasa. Selain jalur pendakian terbilang cukup mudah, pesona alam yang ditawarkan juga amat luar biasa.

Di tempat ini terbentang sebuah kawah yang mempunyai luas sekitar 10 hektare. Area kawah yang gersang dengan asap-asap yang muncul dari sisi tanah dan bebatuan. Di kelilingi pepohonan hijau, kawah ini begitu indah jikalau dijadikan latar belakang foto Anda.

Di pinggir kawah terdapat kolam bekas letusan yang mempunyai warna air hijau kebiruan yang amat indah. Ada juga padang Edelweiss Tegal Alun yang merupakan salah satu padang Edelweiss terluas di Indonesia. Gunung ini benar-benar mempesona.

2. Leuweung Sancang 


a photo by @rochmanasep via instagram
Ini yaitu salah satu tempat yang sangat terjaga keasriannya. Di balik beberapa dongeng yang menyelimuti tempat ini, pesona keindahan pantai, hutan nan lebat dan gua berpadu indah dan sangat seru untuk di kunjungi. Cagar alam ini terletak di desa Sancang kecamatan Cibalong, Garut, Jawa Barat. 

Berjarak sekitar 115 kilometer ke arah selatan Kota Garut. Tempat yang masih higienis dan asri ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur ke tempat indah namun tak ramai pengunjungnya,

3. Pantai Cijeruk Indah


a photo by @aldyananshari via instagram
Pantai Cijeruk Indah yaitu salah satu pantai nan menawan di Garut. Keindahan pantai ini terhampar dengan pasir putin landai, rimbunan pepohonan, udara sejuk dan lingkungan yang higienis dan asri menciptakan nyaman siapa saja yang berkunjung ke pantai ini. 

Pantai ini terletak di Desa Sagara, Kec Cibalong, Garut, Jawa Barat yang berjarak sekitar 108 kilometer dari sentra kota Garut. Untuk memasuki pantai ini Anda tak harus mengeluarkan biaya yang mahal, hanya Rp3.000,- Anda sanggup melihat keindahan pantai dan pertemuan antara air sungai dan air maritim yang membentuk warna kecokelatan.

Eksotisme pantai ini layak Anda jadikan tujuan utama liburan Anda di Garut. Karena masih minim kemudahan sebaiknya Anda persiapkan bekal yang cukup sebelum berkunjung ke pantai ini.

4. Pantai Karang Paranje

a photo by @ritz_thorick via instagram
Ini ia pantai yang menjadi objek wisata Andalan kabupaten Garut. Pantai Karang Paranje yaitu pantai indah dengan pasir kecokletan yang bersih, karang dan ombak menggulung besar menciptakan suasana pantai ini begitu berbeda. 

Salah satu pantai terbaik untuk menikmati sunset di Garut. Meski terbilang masih sepi dan minim fasilitas, pantai yang terletak di Karyasari,kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut ini sangat layak Anda jadikan tujuan wisata Anda. 

Untuk mencapai lokasi pantai ini Anda perlu melaksanakan perjalanan sejauh 98 kilometer dari Garut. Meski jauh dan lelah, tempat yang masih alami ini layak Anda jadikan pilihan berlibur yang sangat tepat.

5. Pantai Sayang Heulang


a photo by @kertas_tertulis via instagram
Nah ini ia pantai nan menawan yang memperlihatkan sejuta pesona bagi Anda. Pantai yang terletak di desa Mancagahar Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut ini berjarak 87 km dari sentra kota Garut. 

Di pantai ini pemandangan indah ketika senja menjadi sebuah fenomena alam yang begitu indah. Perpaduan ombak nan menabrak karang ditambah suasana syahdu ketika matahari karam menciptakan suasana di pantai ini terasa begitu romantis. 

Terdapat bermacam-macam kemudahan di pantai nan indah ini mulai dari penginapan, tempat makan, parkir dan arena bermain motor. Pantai ini sangat layak untuk dijadikan persinggahan yang begitu menyampaikan suasana nyaman bagi Anda.

6. Pantai Santolo 


a photo by @hfzan via instagram
Pantai ini yaitu pantai terpopuler di Garut. Pantai ini terletak di desa Pamalayan, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pantai ini berjarak sekitar 88 kilometer dari kota Garut dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. 

Pantai ini mempunyai lengkungan yang indah dan pasir pantai yang begitu menawan. Keindahan pantai ini layak Anda jadikan pilihan sempurna perjalanan wisata Anda. Apalagi letaknya yang tak begitu jauh dari Pantai Sayang Heulang. 

Untuk memasuki lokasi pantai ini Anda perlu membayar Rp3.500,-. Keindahan pantai ini dengan bermacam-macam fasilitasnya akan menciptakan perjalanan wisata Anda terasa begitu senang di tempat ini.


7. Taman Pantai Manalusu 


a photo by @narra_swidji via instagram
Hidden Paradise of Garut. Inilah julukan yang sempurna untuk taman maritim yang indah ini. Perpaduan birunya air laut, deburan ombak, bersihnya pasir pantai dan bebatuan karang terjal merupakan sebuah fenomena keindahan yang begitu memikat. 

Pantai yang hanya berjarak 12 kilometer daripantai Santolo ini merupakan tempat yang masih sepi. Bagi Anda yang ingin mencicipi suasana romantis pantai dan ingin berbulan madu. Taman Laut Pantai Manalusu sanggup menjadi pilihan sempurna bagi Anda. Suasana romantis ketika matahari terbenam, akan menyampaikan lukisan alam yang begitu indah dan sejuk di mata Anda.

8. Pantai Cijayana 


sumber : www.membosankan.com
Pantai Cijayana berada tak jauh dari pantai lainnya. Pantai ini juga tak kalah indah denga pemandangan pantai lainnya. Di mana ombak mengalun setinggi satu meter menciptakan pemandangan di pantai yang masih cukup sepi ini terlihat begitu memukau. Pantai ini terletak di Desa Cijayana, Kec Bungbulang, Garut, Jawa Barat atau sekitar 87 km dari sentra Kota Garut dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

9. Pantai Rancabuaya


a photo by @febbii_cendika via instagram
Sama hal dengan pantai lainnya. Pantai Rancabuaya yaitu salah satu pantai favorit yang ada di Garut. Keindahan pantai ini telah memikat banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Pantai ini terletak di terletak di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, kabupaten Garut. Berjarak 105 kilometer dari sentra kota Garut. 

Beragam kemudahan tersedia di tempat ini mulai dari tempat parkir yang cukup luas, pondokan untuk lesehan serta beberapa penginapan dan villa yang sanggup Anda sewa serta saung-saung wisata. Akses jalan yang memadai serta kemudahan lainnya menciptakan perjalanan wisata Anda ke tempat ini terasa nikmat. 


10. Taman Golf Ngamplang 


sumber : panduwisata.id
Lokasi Taman Golf Ngamplang terletak di kaki Gunung Cikurai yang dikelilingi pemandangan yang begitu indah. Memiliki julukan "Swiss van Java" pemandangan alam di tempat ini benar-benar layaknya kota-kota di Swiss yang juga dikelilingi pegunungan.

Lapangan ini terletak kelurahan kota Kulon kota Garut Jawa Barat. Dari tempat ini Anda sanggup memandangi indahnya landscpe kota Garut yang begitu memukau. 

Meskipun kemudahan terbilang cukup minim. Namun tempat ini sanggup dijadikan tempat bersantai yang cukup menciptakan Anda nyaman dan bahagia. 

11. Air Terjun Neglasari 



sumber : www.omnilexica.com
Begitu banyak lokasi di Garut yang menciptakan Anda terkagum-kagum oleh keindahannya. Salah satunya yaitu keindahan Air Terjun Neglasari. Air terjun yang berada di ketinggian 1200-1600 mdpl ini merupakan salah satu objek wisata yang memperlihatkan eksotisme menawan. 

Curug yang dikenal dengan curug Limbung ini mempunyai ketinggian sekitar 50 meter. Curug ini terletak di perbatasan Kecamatan Cisompet dan Cikajang, tepatnya di Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet. 

Curug ini mempunyai jarak sekitar 59 km dari sentra kota Garut dan sanggup ditempuh dalam waktu sekitar 1 setengah jam perjalanan dengan kendaraan pribadi atau umum. Selanjutnya untuk menuju ke lokasi curug ini dengan berjalan kaki sejauh 1 km dari jalan utama melewati perkebunan teh.

Keindahan curug ini akan mengobati rasa lelah Anda. Pemandangan alam yang super indah dengan suasana begitu sejuknya menciptakan Anda mencicipi sensasi wisata alam yang begitu menakjubkan.

12. Gunung Guntur


a photo by @akarifqulmaula via instagram
Banyak yang menyampaikan mendaki gunung ini bersahabat di mata lemas di kaki. Ya, untuk mendaki gunung yang cukup tinggi ini mempunyai jalur pendakian yang amat menantang. Gunung Guntur yang mempunyai ketinggian 2.249 meter dpl ini terletak di wilayah barat Garut Jawa Barat.

Gunung berapi bertipe stratovolcano yang terletak di desa Sirnajaya, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Anda sanggup melaui jalur pendakian favorit yaitu melalui via SPBU Warung Tanjung masuk ke Basecamp kemudian dilanjutkan ke jalur Curug Citiis. di Bsecamp Anda akan dikenakan biaya masuk Rp7.500 perorang.

Perjalanan panjang selama berjam-jam melewati jalur yang tak gampang akan terbayar ketika Anda melihat keindahan alam dari puncak gunung ini. Pemandanngan alamnya begitu memukau dan luar biasa. 

13. Curug Orok 


a photo by @adhip4 via instagram
Kawasan wisata yang terletak di selatan Kota Garut. Di balik keindahan derasnya air dan keindahan alam, terusan yang cukup gampang merupakan salah satu keunggulan dari objek wisata ini. 

Dari sentra kota Garut, Anda sanggup melanjutkan perjalanan ke arah daerah Cikajang. Jaraknya sekitar 25 kilometer ke arah selatan, melalui Jalan Raya Cimanuk, Jalan Raya Bayongbong, Jalan Raya Cisurupan, hingga datang di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang. 

Nah Setelah datang di pertigaan Cikandang, Anda harus membelok kendaraan Anda ke arah kanan, menuju daerah Perkebunan Nusantara VIII Papandayan. Setelah itu Anda akan hingga di Gerbang utama, kemudian Anda harus berjalan sekitar 300 meter untuk hingga ke lokasi curug ini.

Pemandangan kebun teh begitu menyejukkan mata ketika Anda berjalan menuju lokasi gerojokan ini. Udara sejuk menciptakan perjalanan terasa begitu mengasyikkan. 

Untuk memasuki gerojokan setinggi 40 meter ini Anda diharuskan membayar biaya masuk sebesar Rp10.000,- per orang. Dikelilingi pemandangan hijau dan kejernihan airnya tempat ini menciptakan Anda ingin mencicipi sensasi mandi di air yang super sejuk tersebut. Tak menyesal mengunjungi gerojokan super indah ini.

14. Curug Sanghyang Taraje 


a photo by @asep_abdulrahman1994 via instagram
Curug ini terletak di desa Pekanjeng kecamatan Pamulihan berjarak sekitar 50 kilometer dari kota Garut. Keindahan gerojokan ini yaitu ketinggian airnya dan keindahan alam sekitarnya. Benar-benar indah dan memukau. Ini yaitu gerojokan wajb bagi Anda yang gemar berpetualang menikmati keindahan alam yang luar biasa.

15. Taman Satwa Cikembulan 


sumber : kotagarutdotcom.blogspot.co.id
Bagi Anda yang ingin berekreasi bersama keluarga. Taman Satwa Cikembulan sanggup menjadi pilihan sempurna Anda yang berkunjung ke Garut. Taman Satwa ini terletak di Desa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Kab. Garut. Berjarak sekitar 16 kilometer dari sentra kota Garut.

Berbagai wahana tersedia di Kebun Binatang Cikembulan mulai dari wahana untuk bawah umur hingga untuk dewasa, mirip naik kuda, belibis air, ATV Road dan kendaraan beroda empat kecil untuk anak-anak, selain untuk mengenali banyak sekali jenis binatang, anak-anakpun sanggup bermain di wahana yang tersedia kebun hewan cikembulan.

Untuk memasuki Taman Satwa seluas 5 hektare ini Anda diharuskan membayar Rp17.000,- untuk orang remaja dan Rp8.000,- untuk bawah umur pada hari biasa. Sedangkan pada hari libur ataupun weekend Anda harus membayar Rp20.000,- untuk orang remaja dan Rp10.000,- untuk anak-anak.


16. Curug Batu Nyusun


sumber : imgrum.net
Nah, salah satu Curug indah lainnya yaitu Curug Batu Nyusun yang mempunyai pancuran air yang tak terlelu besar. Curug yang terletak di Kampung Cikuda, Desa Pangrumasan, Kecamatan Peundeuy ini mempunyai ketinggian sekitar 40 meter dengan dinding gerojokan yang cukup khas, yaitu berupa columnar joint.

Pemandangan alam yang sangat hijau akan mengobati rasa lelah Anda sehabis perjalanan jauh yang harus Anda lalui untuk mencapai lokasi gerojokan ini. Tempat yang sangan cocok untuk Anda yang gemar foto-foto.


17. Puncak Gunung Cikuray


a photo by @mafazsri via instagram
Selain Gunung Papandayan dan Gunung Guntur. Puncak Gunung Cikuray yaitu salah satu puncak yang memperlihatkan view yang amat menakjubkan. Sangat cocok bagi Anda yang gemar melaksanakan pendakian. 

Dari puncak kita sanggup memandangi awan yang mengalun indah dan keindahan yang menakjubkan lainnya dari Garut. Sebuah mahakarya Tuhan yang begitu luar biasa. Gunung yang terletak di desa Dayeuhmanggung kecamatan Cilawu, Garut ini memilik ketinggian sekitar 2.820 meter dpl. Persiapan yang matang harus Anda lakukan sebelum mendaki gunung ini.

18. Kawah Darajat


sumber : digarut.com
Kawasan yang berdekatan dengan pembangkit listrik tenaga uap ini berjarak sekitar 25 kilometer dari sentra kota Garut. Lokasi tepatnya ialah terletak di Desa Padawaas, Kec. Pasirwangi, Garut, Jawa Barat.

Dari tempat ini kita sanggup melihat uap dan asap yang muncul dari permukaan tanah. Selain sanggup menikmati keindahan alam, di tempat ini Anda juga sanggup menikmati pemandian air panas yang bernama Darajat Pass Water Park.

19. Talaga Bodas


sumber :www.pergidulu.com
Wow, begitu ungkapan yang saya ucapkan ketika menginjakkan kaki di lokasi ini. Talaga ini terletak di Desa Sukamenak, wanaraja, Garut. Wilayah ini berada di dalam pengelolaan BKSDA Jawa Barat.

Air yang berwarna biru hijau dan pepohonan serta bebukitan yang mengelilinginya menciptakan tempat ini terlihat sangat eksotis. Selain itu di tempat ini Anda sanggup mandi di sebuah kolam yang terletak di sebelah telaga ini. Sulit terlukiskan keeksotisan tempat ini. Sangat layak Anda jadikan tujuan utama bagi Anda yang berkunjung ke Garut.

20. Situ Bagendit 


a photo by @imamssss via instagram
Nah, ini yaitu salah satu tempat yang asri dan tidak mengecewakan bersih. Dari tempat ini Anda sanggup menikmati keindahan situ, pepohonan hijau dan jernihnya air situ yang cukup luas ini. Situ Bagendit terletak di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut. 

Untuk memasuki daerah wisata ini Anda diharuskan membayar sebesar Rp2.000,-. Beragam hal menarik sanggup Anda lakukan di tempat ini mulai dari mengelilingi situ dengan rakit hingga berkeliling dengan memakai sepeda. Jangan hingga tempat ini Anda lewatkan ketika berkunjung ke Garut.

21. Curug Citiis 

sumber : christinescrapsblog.com
Sebelum mendaki gunung Guntur Anda dapt menikmati gerojokan yang berjulukan Curug Citiis yang berada di kaki Gunung. Curug Citiis terletak di Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong. Air terjun yang berjarak sekitar 15 kilometer dari sentra kota Garut ini sangat memukau dan layak untuk Anda jadikan destinasi tujuan wisata Anda selanjutnya.

22. Curug Kancil 


sumber : imgrum.net
Air terjun ini terletak di Kampung Kancil, Desa Padasuka, Kecamatan Cibatu. Tempat ini merupakan salah satu alternatif wisata bagi Anda yang berkunjung ke Garut sebab lokasinya yang gampang di akses. Anda sanggup bermain air dan mandi di lokasi curug yang mempunyai ketinggian sekitar 20 meter ini. Tempat yang indah ini boleh jadi salah satu list liburan Anda di Garut.

23. Sabda Alam Waterpark


sumber : pegipegi.com
Salah satu taman bermain air yang layak Anda coba yaitu Sabda alam waterpark. Tempat wisata ini terletak di Jl. Raya Cipanas No. 3, kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut.  Berbagai kemudahan sanggup dinikmati di tempat ini mulai dari caffe,hotel, resort, atm, dan taman ari.

Wahana permainan air ini nampan tumpah, kolam terapi ikan, jamur payung, slider boom, sasak rawayan, canoe, flying fox, kolam arus dan kolam remaja sepanjang 75 meter dengan ketinggian 10 meter serta water ball. Untuk menikmati kemudahan tersebut Anda diharuskan membayar tiket masuk seharga Rp30.000,- pada hari biasa dan Rp40.000,- pada hari libur atau weekend.

24. Candi Cangkuang 


sumber : klikhotel.com
Salah satu situs purbakala dan sejarah yang sanggup Anda kunjungi di Garut yaitu Candi Cangkuang. Candi peninggalan kerajaan Hindu Sunda Galuh terletak di Kampung Pulo, wilayah Cangkuang, Kecamatan Leles, Garut.

25. Situ Cangkuang

a photo by @ancha_morron via instagram
Tak jauh dari Candi Cangkuang terdapat sebuah danau yang mempunyai panorama yang luar biasa. Di situ ini Anda sanggup menikmati pemandangan alam yang hijau dan sejuk dari sebuah rakit bambu. Selain itu acara memancing merupakan sebuah hal yang menarik Anda lakukan di tempat ini.

26. Curug Cimandi Racun
a photo by @jelajah_garut via instagram
Curug yang juga dikenal dengan nama curug Cibuni Racun ini terletak di Desa Jangkurang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Dengan ketinggian sekitar 25 meter pemandangan alam dan sejuknya gerojokan ini merupakan daya tarik yang begitu mepesona dari Curug ini. 

27. Curug Jaga Pati



a photo by @regitanov25 via instagram
Ini yaitu curug yang juga menarik untuk Anda kunjungi di Garut. Curug ini merupakan salah satu tempat yang sempurna bagi Anda yang suka berpetualang. Meski berjalan kaki selama satu jam, tapi rasa lelah akan terbayar ketika Anda melihat kolam pemandian gerojokan ini yang sangt jernih. Curug ini terletak di Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut Selatan.

28. Puncak Batu Tumpang
sumber : garutselatan20.blogspot.co.id
Bagi Anda yang gemar panjat tebing, Puncak Batu Tumpang sanggup menjadi pilihan wisata Anda di Garut. Tempat initerletak di desa Tanjungjaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut. Berjarak 40 kilometer dari sentra Kota Garut. Selain olahraga panjat tebing menantang, pemandangan alam di sekitar tempat ini begitu luar biasa. Beragam kemudahan mulai dari tempat makan (warung) tersedia di tempat ini. Ini merupakan salah satu pilihan sempurna bagi Anda pencinta alam.

29. Leuwi Tonjong


a photo by @rioarisantoso_via instagram
Aliran sungai dengan bebatuan dan tebing-tebing hijau ini mempunyai panorama yang begitu indah. Di tempat ini terdapat gerojokan kecil dengan kolam alami merupakan sebuah pesona yang menyejukkan mata Anda. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang gemar foto dan mencicipi suasana air alami yang begitu sejuk. Leuwi Tonjong ini terletak di di kampung Rontog, desa Jayamukti, kecamatan Cihurip, kabupaten Garut. Perlu usaha dan persiapan matang untuk menuju lokasi ini.

30.  Batu Patapaan


a photo by @iki_andria via instagram
Salah satu lokasi instagramable yang ada di Garut yaitu lokasi Batu Pataan yang terletak di Desa Cipangramatan  Kecamatan  Cikajang, Garut. Tempat ini mempunyai pemandangan yang benar-benar menyejukkan mata.

31. Menikmati Nasi Liwet strawberry  Pak Asep


sumber : bengkelsabda.com
Salah satu hal wajib ketika traveling yaitu menikmati masakan khas daerah tertentu. Beragam masakan lezat khas dan Indonesia bebas Anda pilih di tempat yang mempunyai bangunan mirip strawberry ini. Tempatnya begitu luar biasa indah. Tempat ini terletak di Jl. Raya Kadungora No. 245,Garut Kota,Jawa Barat.

Nah, itu ia 31 tempat wisata yang sanggup Anda kunjungi di Garut. Keindahan alam dan pesona budaya Garut akan menyampaikan kesan mendalam bagi perjalanan hidup Anda. Jangan lupa jaga kebersihan setiap objek wisata yang Anda kunjungi. Baca juga 20 Tempat Wisata di Tasikmalaya Jawa Barat Paling Menarik dan Populer di Kunjungi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "31 Daerah Wisata Di Garut Jawa Barat Terbaik Dan Paling Menarik"

Posting Komentar