Powered

Kunjungi Web Kami : Penida Blissful Trip

13 Daerah Wisata Di Dompu Yang Paling Menarik Dikunjungi

Tempat Wisata di Dompu - Pesona alam di Indonesia memang menciptakan negeri ini dijuluki zamrud khatulistiwa. Salah satu daerah yang layak Anda kunjungi yaitu kabupaten Dompu. Kabupaten yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini mempunyai tempat-tempat menarik yang sanggup Anda kunjungi.

Keindahan khas daerah timur Indonesia memang menjadi magnet yang mengundang banyak wisatawan. Pesona keunikan budaya, masakan khas, pantai yang super eksotis dan sejuta pesona lainnya yaitu alasan mengapa daerah timur Indonesia menjadi nirwana liburan.

Begitu juga dengan pesona Kabupaten Dompu. Di Dompu Anda sanggup menemukan keindahan dan pesona yang tak kalah dengan Lombok. Aktivitas berkuda, menjelajah Gunung Tambora, bermain di Pantai dan berwisata masakan yaitu sederet acara menarik yang sanggup Anda lakukan di daerah yang berbatasan dengan Bima ini.

1. Taman Wisata Alam Laut Pulau Satonda
sumber : @aliangger via instagram
Salah satu tempat yang indah dan mempunyai keunikan yang luar biasa yaitu Pulau Satonda. Pulau yang mempunyai luas 2.600 Ha terdiri dari daratan (453,70 Ha) dan luas perairan (2146,3 Ha). Pulau ini berada dalam wilayah Desa Nangamiro, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu.

Satu hal yang menarik di Pulau ini yaitu sebuah danau manis yang berjulukan sama yaitu Danau Satonda. Danau Satonda mempunyai panorama yang begitu memukau yakni perpaduan bukit hijau dan air yang begitu jernih.

Airnya yang asin menciptakan banyak sekali dongeng dimunculkan ihwal asal muasal danau ini. Yang terang keindahan danau ini akan bisa mengatakan ketenangan dan hiburan tersendiri bagi perjalanan wisata Anda.

Selain Danau Satonda, keindahan garis pantai yang panjang memutih mengelilingi pulau ini juga merupakan sesuatu yang amat menarik. Tak kalah indahnya yaitu terumbu karang yang dimiliki Satonda, benar-benar merupakan kekayaan yang sayang untuk dilewatkan.

Untuk hingga ke Pulau ini, Anda perlu melaksanakan perjalanan sekitar 4 jam dari Kota Dompu menuju lokasi penyeberangan di Desa Nangamiro. Dengan bahtera Cadik nelayan, Anda harus menyeberang selama 30 menit dengan tarif Rp25.000,- perorang.

Pemandangan manis selama perjalanan sangat instagenic. Sampai di pulau ini Anda akan terkagum melihat betapa indahnya pulau ini. Untuk hingga ke lokasi Danau Satonda, Anda perlu trekking menaiki dan menuruni bukit selama satu jam lebih. Perjalanan nan melelahkan akan terbayar dengan pesona yang luar biasa.


2. Air Terjun Panca Saneo

sumber : @amazing_dompu via instagram
Pesona air  terjun bagi seorang pecinta alam yaitu hal yang sangat sayang untuk dilewatkan. Salah satunya yaitu keindahan jeram yang berjulukan Air Terjun Panca Saneo. Air Terjun Panca Saneo ini terletak di Desa Saneo, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Air terjun yang sangat eksotis ini mempunyai ketinggian sekitar 75 meter. Di sekitar lokasi jeram ini mempunyai alam yang begitu indah. Hamparan hijau alam menambah takjub para penjelajah jeram ini.

Kolam pemandiannya menciptakan siapa saja akan senang berenang di lokasi ini. Airnya sangat sejuk serasa es. Sayang rasanya bila ke Dompu bila tak singgah di lokasi jeram ini. 

3. Air Terjun Ncanga Tolu

sumber : satu-indonesia.com
Satu lagi pesona keindahan jeram yang dimiliki Dompu yaitu jeram Ngaca Tolu. Naca Tolu, dalam bahasa Indonesia artinya cabang tiga. Ya, jeram yang eksotis ini mempunyai tiga cabang yang menciptakan jeram ini terlihat sangat menarik.

Air terjun ini terletak di Desa Ranggo, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu. Perlu usaha untuk hingga ke jeram ini. Anda harus trekking selama satu jam menyusuri sungai untuk sampai. Sesampai ke lokasi jeram ini Anda akan melihat pesona alam yang begitu indah.

4. Bukit Matompo

sumber : @dhenis_93 via instagram
Bagi Anda yang mencari lokasi yang instagramable untuk dijadikan lokasi foto ?. Maka Anda sanggup mengunjungi Bukit Matompo yang mempunyai latar mengagumkan.

Dari bukit ini Anda sanggup menikmati pemandangan maritim yang begitu indah, sunset kala senja datang dan bebukitan hijau. Berada di lokasi ini Anda akan mencicipi suasana begitu relaks. 

5. Pantai Lakey

sumber : @tlemgruberj via instagram
Selanjutnya Anda sanggup mengunjungi Pantai Lakey yang juga tak kalah indahnya dengan Pantai Kuta ataupun Senggigi di Lombok. Lebih hebatnya lagi, Pantai Lakey merupakan pantai favorit bagi peselancar dunia.

Selain itu, keindahan pantai ini begitu terasa kala senja tiba. Hembusan angin dan cahaya menguning mengatakan suasana begitu romantis. Pantai ini mungkin belum ramai dikunjungi para wistawan dalam negeri. Akan tetapi bagi para peselancar dunia, pantai dengan ombal kidal ini merupakan salah satu tempat yang harus disinggahi.

6. Taman Nasional Gunung Tambora

sumber : @rangggggaa via instagram
Gunung Tambora merupakan ikon yang dimiliki oleh Dompu. Pendakian gunung yang satu ini dijamin akan mengatakan pengalaman tak terlupakan bagi Anda. Keindahan yang begitu menakjubkan Gunung Tambora sanggup Anda lihat pada 12 Tempat Wisata di Bima NTB yang Paling Menarik Untuk Dikunjungi.

7. Nanga Tumpu

sumber : @014_ilham via instagram
Bagi Anda penikmat panorama indah, maka Anda sanggup singgah sejenak di Nanga Tumpu. Tempat yang berada di ketinggian ini mempunyai alam yang sejuk dan pemandangan amat memukau. Tak heran bila tempat ini dijadikan lokasi peristirahatan favorit para wisatawan.

Perpaduan indah antara sejuknya udara, hijaunya hutan dan membirunya maritim di teluk Saleh merupakan pemandangan yang begitu berkesan. Puncak Nanga Tumpu terletak di Jl. Lintas Sumbawa, Desa Banggo, Kecamatan Manggalewa, Kabupaten Dompu.

Lokasi ini merupakan tempat yang sempurna bagi Anda penikmat fotografi. Keindahannya merupakan latar sempurna untuk dijadikan lokasi foto. Rugi rasanya bila Anda tak menyempatkan singgah di tempat yang luar biasa indah ini.

8. Pantai Ria
sumber : @nicholassaputra via instagram
Salah satu pantai lainnya yang menyimpan keindahan yaitu pantai Ria. Pantai ini mempunyai hamparan pasir putih halus dan bebukitan lebat ditumbuhi hutan yang asri. Pantai ini masih terbilang sepi.

Pantai Ria Dompu terletak di Desa Desa Riwo, Kecamatan Woja Dompu, Kabupaten Dompu. Selain indah, pantai ini juga mempunyai ombak yang cukup besar sehingga Anda sanggup berselancar di pantai ini.

9. Padang Savana Doro Ncanga

sumber : @restusinggih_adih via instagram
Satu lagi tempat yang instagenic di Dompu yaitu padang rumput Doro Ncanga. Padang rumput yang berada di kaki Tambora ini memperlihatkan pemandangan yang begitu menyejukkan mata. Padang rumput ini hampir seakan-akan dengan Padang Mangateh yang ada di Payakumbuh.

Padang Savana Doro Ncanga terletak di jalan lintas Dompu-Calabai, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu. Di tempat ini selain memandangi indahnya padang rumput yang luas, Anda juga sanggup memandangi kawanan kuda liar dan sapi yang merupakan sisi menarik lainnya dari tempat ini.

10. Pulau Nisa Pudu

sumber : @uchipuspita via instagram
Pulau Nisa Pudu merupakan pulau yang sangat indah yang dimiliki Dompu. Pulau kecil yang berada di tempat Teluk Saleh ini harusnya menjadi tujuan wisata utama Anda.

Pulau mungil ini berada di Desa Soro, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu. Pulau Nisa Pudu ini mempunyai hamparan pasir putih yang membentang, rerumputan hijau dan pepohonan yang rindang.

Sesampai di Desa Soro Anda harus menyeberang dengan kapal nelayan sekitar 30 menit dengan tarif Rp300.000,- untuk sekali rombongan.

11. Air Terjun Walet Putih

sumber : @eryck_matupa via instagram
Boleh dibilang inilah nirwana tersembunyi lainnya yang dimiliki oleh Dompu yaitu Air Terjun Walet Putih. Air terjun ini terletak di Desa Sorinomo, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, NTB. 

Tak susah untuk mencapai lokasi jeram Walet Putih ini. Meskipun letaknya tersembunyi, namun aksesnya cukup mudah. Anda sanggup memakai sepeda motor untuk hingga di lokasi jeram ini.

Sesampai di lokasi Air Terjun Walet Putih Anda akan melihat keindahan yang begitu memanjakan mata. Sepasang jeram manis dengan kolam pemandian jernih seakan menarik hati siapa saja untuk menceburkan diri.

Benar-benar sebuah pemandangan yang sangat menakjubkan. Air terjun ini dinamakan walet putih alasannya yaitu di bawah jeram terdapat sebuah gua yang dihuni oleh walet putih.

12. Pantai Hodo

sumber : @khairilanastirag via instagram
Salah satu lokasi pantai yang unik yaitu Pantai Hodo. Hamparan pasir hitam nan luas, maritim yang jernih dan fatwa air tawar merupakan perpaduan indah yang sulit Anda temui di tempat lainnya.

Selain itu, di lokasi ini terdapat kawanan kerbau yang sangat menarik untuk dijadikan latar foto Anda. Pantai ini terletak di Desa Oi Hodo, kecamatan Kempo, kabupaten Dompu. Pantai unik ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi wisata Anda selanjutnya di Dompu.

13. Air Terjun Rora

sumber : @bimaaryo via instagram
Air terjun Rora merupakan jeram yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Bima dan Dompu. Karena keindahannya lokasi jeram ini pernah dijadikan sebagai salah satu lokasi syuting jadwal wisata TV swasta nasional.

Air terjun ini mempunyai kontur bebatuan yang miring. Untuk hingga ke tempat ini Anda harus trekking menyusuri sungai yang berada di bawah jeram ini. Rasa lelah Anda sekejap akan hilang dikala Anda melihat betapa mempesonanya jeram ini.

Baca juga Bukit Tunak Lombok Tengah, Indahnya Bikin Kamu Enggan Pulang

Nah, itu ia tempat wisata yang sanggup Anda kunjungi di Dompu. Selalu ada saja keindahan luar biasa yang disajikan alam timur Indonesia. Untuk itu sebagai anak bangsa kita wajib mengasihi dan menjaga alam Indonesia yang begitu indah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "13 Daerah Wisata Di Dompu Yang Paling Menarik Dikunjungi"

Posting Komentar