Powered

Kunjungi Web Kami : Penida Blissful Trip

Tempat Wisata Di Balikpapan Yang Lagi Hits, Bukit Bangkirai

Wisata Bukit Bangkirai - Keindahan alam Borneo tak ada habisnya untuk dijadikan tujuan adventure yang indah bagi para pecinta alam. Menjelajah hutan akan memperlihatkan kesan tersendiri bagi Anda yang berkunjung ke Kalimantan.

sumber : @henifatmasari via Instagram
Indonesia mempunyai luas hutan tropis terbesar kedua di Dunia sesudah Brazil. Salah satunya ialah hutan hujan tropis yang ada di Bumi Borneo. Dari tempat inilah bersumber oksigen dari hutan yang menjadi paru-paru dunia.

Di pulau terbesar di Indonesia ini Anda akan melihat sebuah keindahan alam yang sulit dilupakan dan pastinya akan menciptakan Anda ingin tiba lagi ke tempat ini. Salah satunya ialah pesona keindahan Istana Alam Bukit Bangkirai yang tak jauh dari sentra kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kawasan wisata seluas lebih dari 1500 hektare ini mempunyai pemandangan yang indah dengan alam hijau sejauh mata memandang. Tropical Rain Forest ini sanggup menciptakan suasana liburan Anda menjadi seru dan berkesan.

Banyak hal menarik yang sanggup Anda lakukan di tempat ini. Apa saja hal menarik di Istana Alam Bukit Bangkirai ini. Kali ini akan menguraikan selengkapnya untuk Anda.

1. Pepohonan Besar
Alami dan hijaunya alam terlihat begitu menakjubkan dengan pepohonan hijau yang begitu besar. Pepohonan besar dengan ketinggian sekitar 40 meteran menjadi pemandangan langka yang mungkin tak pernah Anda temui di kota.

2. Fauna yang Kaya
Beragam fauna yang ada di hutan ini membuatnya terlihat amat menarik. Datang ke tempat ini Anda akan menemukan kicauan indah burung yang saling bersautan dengan ungko. Sebuah suasana yang begitu khas dan amat mengesankan.

Di hutan ini sanggup Anda temui aneka macam macam jenis burung, owa, kera ekor panjang, orang utan, kijang, rusa dan ular serta binatang liar lainnya. Tentunya semua itu akan memperlihatkan sebuah pengalaman yang berharga bagi Anda.

3. Sejuknya Hutan

Aroma indah lembab hutan hujan tropis Kalimantan sanggup Anda nikmati dari tempat ini. Di Hutan Bukit Bangkirai ini Anda akan banyak menemukan pohon bangkirai yang berusia lebih dari 150 tahun.

Tidak tanggung-tanggung pohon bangkirai setinggi 40-50 meter dengan diameter 2-3 meter ini memperlihatkan kesegaran yang amat luar biasa. Sejuknya benar-benar menciptakan hati Anda akan hening dan nyaman berada di tempat ini.

4. Canopy Bridge
Pohon Bangkirai yang tumbuh besar ternyata meiliki potensi wisata yang amat besar. Jembatan Kanopi indah ini merupakan salah satu daya tarik yang paling memukau dari tempat ini. Dari tempat ini Anda akan sanggup menikmati pemandangan amat menakjubkan berupa hijaunya hutan yang terhampar luas.

Jembatan Kanopi Bukit Bangkirai ini merupakan jembatan yang mempunyai ketinggian sekitar 30 meter dan menghubungkan 4 potongan dari 5 pohon bangkirai yang amat besar. Desain setiap potongan tangga untuk menaiki pohon yang terhubung antara pohon satu dan yang lainnya sangatlah unik dan tradisional.

Dijamin bagi Anda yang takut ketinggian lutut Anda akan bergetar menaiki jembatan kanopi ini. Menyeberang dari satu jembatan ke jembatan lainnya benar-benar memperlihatkan sensasi menguji adrenalin yang begitu dahsyat.

Di atas Canopy Bridge sepanjang 64 meter ini, Anda sanggup berfoto dengan latar belakang begitu menakjubkan. Nah, untuk mencicipi sensasi memacu adrenalin di atas jembatan ini maka Anda akan dikenakan biaya Rp15.000,- untuk naik ke tempat ini.

5. Petualangan dan Trekking
Hal paling menarik sekaligus menantang ialah berpetualang mengelilingi hutan yang begitu indah. Di perjalanan Anda akan menemukan bermacam-macam spesies tumbuhan dan fauna yang menciptakan petualangan lebih asyik.

Dijamin seharian penuh pun Anda belum puas untuk melihat menakjubkannya alam tempat ini. Sungai, pohon, jalur dan binatang di tempat ini merupakan perpaduan yang menciptakan tempat ini menjadi salah satu tempat yang amat seru.

Fasilitas di Bukit Bangkirai

sumber : kompasiana.com
Perjalanan wisata akan terasa begitu nyaman bila tempat tersebut mempunyai akomodasi lengkap yang sanggup memanjakan Anda. Ada beberapa akomodasi yang sanggup Anda temui di tempat ini yang akan menciptakan Anda semakin nyaman antara lain :

1. Restoran Susana Alam
Dalam daerah wisata Istana Alam Bukit Bangkirai Anda tak perlu khawatir kelaparan. Di tempat ini telah tersedia sebuah restoran dengan aneka macam sajian yang cukup lezat. Dengan keindahan alamnya di jamin akan membah nafsu makan Anda bertambah.

2. Lamin untuk pertemuan
Di tempat ini Anda sanggup melaksanakan pertemuan di suasana alam yang begitu indah. Sebuah lamin pertemuan telah disiapkan di tempat yang dikelola PT. Inhutani I Unit I Balikpapan ini.

3. Kolam renang
Kolam renang mini juga tersedia di tempat ini berpadu indah dengan hijaunya alam dan sejuknya udara. Berenang di daerah konservasi ini akan memperlihatkan suasana relaks yang melegakan.

4. Cottage dan Jungle Cabin
Bagi Anda yang ingin bermalam di tempat ini, Anda sanggup menginap di Cottage dan Jungle Cabin Bukit Bangkirai. Suasana asri dan tradisional serta arsitektur bangunan kayu khas Kalimantan menciptakan Anda betah berlama-lama di tempat ini.

4. Camping Ground
Di tempat ini Anda sanggup berkemah di tengah hutan ataupun disebuah arena kemah yang telah disiapkan oleh pengelola. Luas arena kemah di tempat ini ialah sekitar 20 x 50 meter dan sudah dipagari kayu.

Lokasi dan Rute ke Istana Alam Bukit Bangkirai
Sebenarnya Hutan Konservasi ini masuk wilayah tiga kecamatan di Kutai Kartanegara. Namun pintu masuk yang utama berada di Kelurahan Karya Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Kawasan ini berjarak sekitar 57 kilometer dari kota Balikpapan. Anda harus melewati rute jalan Balikpapan - Samarinda/Jl. Soekarno Hatta ke Sungai Merdeka. Nah, cukup gampang untuk menemukan lokasi indah ini alasannya letaknya tak jauh dari jalan raya.

Tiket Masuk di Bukit Bangkirai
Untuk memasuki daerah wisata ini Anda tak perlu khawatir alasannya tiket masuknya terbilang murah hanya Rp2.000,-. Sedangkan untuk parkir kendaraan, Anda akan dikenakan biaya pelengkap sebesar Rp1.000,-.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat indah Istana Alam Bukit Bangkirai ini persiapkanlah bekal yang cukup. Persiapan fisik juga perlu bila Anda ingin berpetualang di 7 trek dengan panjang sekitar 150 meter sampai 6 km.

Tempat ini akan memperlihatkan sensasi liburan yang tak terlupakan. Ingat kawan-kawan alam Indonesia itu amat indah. Malu bila hari ini Anda masih tetap jadi anak rumahan. Dan satu lagi jangan lupa untuk tetap menjaga kelestarian alam di Jamrud Khatulistiwa ini. Baca juga  21 Tempat Wisata di NTT yang Lagi Hits.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Wisata Di Balikpapan Yang Lagi Hits, Bukit Bangkirai"

Posting Komentar