Powered

Kunjungi Web Kami : Penida Blissful Trip

21 Kawasan Wisata Di Nusa Tenggara Timur Yang Paling Menarik Di Kunjungi

Wisata NTT - Siapa yang tidak tahu akan pesona keindahan alam provinsi Nusa Tenggara Timur, baik daratan maupun lautannya mempunyai keindahan masing-masing. Deretan pulau-pulau nan elok menyatu dengan birunya maritim yang memancarkan pesona begitu indah.

Banyak tempat di NTT yang menunjukkan pemandangan indah kolam syurga dan menjadi magnet bagi para wisatawan. Banyak keajaiban alam berada di tempat ini. Siapa yang tak kenal dengan Pulau Komodo, Danau Kelimutu dan Gua Cermin yang merupakan keajaiban alam yang Tuhan anugerahkan di daerah ini.

Provinsi Nusa Tenggara Timur mempunyai ibu kota Kupang yang menjadi sentra pemerintahan. Kupang merupakan salah satu kota madya yang berada Pulau Timor dan terletak di pesisir Teluk Kupang.

Tak cukup sehari untuk menyusuri keindahan daerah yang terdiri dari 550 pulau ini. Sejauh mata memandang yang Anda lihat yaitu sebuah keindahan yang benar-benar menyejukkan mata. Laut yang begitu khas dan indah ini juga mempunyai alam bawah maritim yang begitu kaya. 

Banyak tempat-tempat indah sanggup kita eksplor di Nusa Tenggara Timur yang dijamin akan menciptakan Anda betah. Apa saja tempat-tempat indah tersebut. Berikut pilihkan untuk Anda.

1. Eksotisme Danau Kelimutu


sumber : @mtarango32 via Instagram
Danau Kelimutu merupakan danau kawah yang berada di puncak Gunung Kelimutu, Flores. Danau ini amat terkenal di seluruh pelosok negeri sebab mempunyai perpaduan indah tiga warna yaitu merah, biru, dan putih.

Danau Tiga Warna begitulah nama danau yang menjadi salah satu tempat terindah di Indonesia ini dikenal. Keunikan lainnya dari danau seluas 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik ini yaitu warna airnya yang sanggup berubah-rubah di waktu-waktu tertentu.

Danau ini termasuk dalam wilayah administratif Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Berjarak sekitar 62 kilometer dari sentra Kota Ende dengan waktu tempuh sekitar satu jam setengah.

Untuk mengunjungi Danau Indah ini sebaiknya Anda tiba ketika subuh tiba biar Anda sanggup memandangi indahnya matahari terbit di ufuk timur. Jalan kecil yang cukup kondusif sanggup Anda daki untuk hingga ke danau yang berada di puncak Gunung ini.

Untuk memasuki lokasi ini Anda akan dikenakan biaya Rp5.000,- untuk wisatawan domestik dan Rp150.000,- untuk wisatawan mancanegara. Bagi Anda yang ke tempat ini, tak usah takut lapar sebab di tempat ini cukup banyak pedagang yang berjualan masakan ataupun jajanan.

2. Keajaiban Dunia Pulau Komodo

sumber : @fransy18 via Instagram
Siapa yang tak kenal tempat yang satu ini ? Namanya sudah tersohor ke seluruh penjuru dunia. Pulai ini telah resmi ditetapkan sebagai satu dari kejaiban alam oleh New 7 Wonders bersama Halong Bay (Vietnam) dan Puerto Princea Underground River (Filipina) serta beberapa tempat lainnya.

Dengan status keajaiban dunia alam yang ditetapkan semenjak 2012 lalu, tempat ini semakin banyak dikunjungi wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara. Taman Nasional Pulau Komodo berada di beberapa pulau besar dan kecil yang ada di NTT. 

Pusatnya yaitu di Taman Nasional Loh Liang yang berada di Pulau Komodo. Tempat lainnya yang terdapat banyak komodo dan banyak sekali satwa lainnya adalah Loh Buaya di Pulau Rinca. Sedangkan pulau mini di tengahnya yaitu Pulau Padar juga mempunyai keindahan alam lainnya.

Hamparan pulau-pulau kecil yang mengelilinginya memancarkan keindahan yang begitu luar biasa. Betapa nikmatnya hidup di pulau-pulau sekitar pulau Komodo, rasanya waktu terlalu cepat berputar. 

Pulau Komodo, daratan dan bawah lautnya merupakan keindahan alam yang begitu luar biasa. Menikmati pagi ketika matahari terbit merupakan keindahan yang sulit dilukiskan dengan kata-kata. Lebih indah lagi bila Anda menikmati sunrise dari atas sebuah kapal. Rasanya tak cukup sehari bila Anda ingin berkunjung ke tempat ini.

Pulau Komodo masuk ke dalam wilayah administratif Desa Labuan Bajo yang merupakan salah satu desa dari 9 desa dan kelurahan yang berada di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur. Saat ini Desa Labuan Bajo telah bermetamorfosis sebuah kota yang indah.

3. Menginap di Nihiwatu Resort


sumber : @nihiwatu via Instagram
Bagi Anda yang ingin menginap di salah satu hotel dan villa terbaik dunia. Maka NTT juga mempunyai sebuah resort berkelas yang pernah dinobatkan sebagai hotel terbaik dunia oleh Readers Of Travel + Leisure Magazine.

Nihiwatu Resort terletak di Desa Hobawawi, Kecamatan Wanukaka, Sumba Barat. Untuk menginap di tempat ini Anda harus menyiapkan uang sekitar 8 juta hingga 35 juta permalam tergantung kelas kamar yang Anda pilih.

Bahkan ada pula Villa bertarif Rp250 juta permalam dengan akomodasi super lengkap. Harga tersebut sangat pantas, sebab selain menikmati akomodasi yang super lengkap. Anda juga akan disuguhkan pemandangan alam begitu luar biasa. 

Di tempat ini terdapat kolam renang yang menghadap ke maritim yang mempunyai pantai eksotis. Ombaknya pun cukup menantang dan sangat cocok dijadikan lokasi berselancar. 

Banyak acara yang sanggup Anda lakukan di tempat ini seperti memancing, snorkeling, scuba diving atau berperahu ke daerah teluk Pantai Konda Maloba, mengamati burung, bersepeda gunung hingga trekking ke air terjun. Eksotis begitulah kata yang sempurna untuk menggambarkan tempat ini.

Menginap di Nihiwatu Resort merupakan sensasi yang tentunya tak akan pernah terlupa bagi hidup Anda. Sebuah tempat berkelas yang menunjukkan sejuta pemandangan indah dan sangat layak kita banggakan dan tujuan menginap ketika liburan di Sumba.

4. Keindahan Pantai Lasiana Kupang

sumber : tourism.nttprov.go.id
Berada di ibukota Nusa Tenggara Timur yaitu Kupang, Anda sanggup menikmati sebuah pantai berpasir putih tanpa karang yang sangat indah berjulukan pantai Lasiana. Saat senja tiba suasana matahari karam akan menambah keindahan tersendiri dari tempat ini.

Pantai ini terletak di Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kupang Tengah, Kota Kupang dan berjarak sekitar 12 kilometer dari sentra kota. Untuk masuk ke Anda akan dikenakan biaya tiket masuk yaitu Rp2.000 per-orangnya dan biaya pelengkap untuk parkir Rp1.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp3.000 untuk mobil/ roda empat.

5. Eksotisme Pulau Padar


sumber : @lesmanpasaribu via Instagram
Pulau Padar merupakan salah satu pulau mungil nan masih perawan yang terletak di antara Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Dari Pulau Padar Anda akan melihat betapa indahnya alam di sekitar Taman Nasional Komodo.

Gugusan perbukitan di kanan dan kiri benar-benar menciptakan pandangan enggan beranjak sedikit pun. Sesampai di Pulau Padar Anda akan melihat betapa indahnya pasir putih yang berpadu harmonis dengan bukit padar.

Untuk mendapat view yang lebih indah maka Anda harus trekking ke puncak Bukit Padar. Untuk hingga ke puncak Bukit Padar maka Anda diharuskan trekking selama kurang lebih setengah jam. Dari puncak bukit ini Anda akan melihat pemandangan indah empat buah teluk yang dikelilingi perbukitan dan lautan yang eksotis. 

Sebenarnya tak jauh berjalan untuk mencapai puncak Bukit Padar. Akan tetapi sebab panasnya terik matahari di tengah padang rerumputan yang luas menciptakan perjalanan terasa sangat melelahkan. Rasa lelah akan terbayar ketika Anda hingga ke puncak bukit ini.

6. Goa Batu Cermin

sumber : bintang.com
Salah satu keindahan tak biasa yang sanggup Anda temui  adalah Goa Batu Cermin. Lokasi tepatnya berada di Desa Waisambi, Kabupaten Manggarai Barat. Untuk mencapai Goa ini Anda harus menempuh perjalanan sekitar 4 kilometer dari sentra kota Labuan Bajo.

Selanjutnya Anda harus memarkir kendaraan Anda untuk trekking selama 15 menit untuk mencapai lokasi goa ini. Keindahan alam dengan pepohonan bambu yang tumbuh di sisi kiri kanan jalan menciptakan perjalanan terasa teduh dan mengasyikkan.

Keindahan goa sepanjang 200 meter yaitu bentuk stalakmit dan stalktitnya bervariasi dan memupunyai bentuk-bentuk yang unik. Di dalam gua terdapat kerikil yang mempunyai kilauan kecil kolam berlian. Kilauan itu yaitu partikel garam yang merupakan bukti kalau dulunya pulau Flores ada di Bawah Laut.

Jika terus masuk ke dalam, Anda akan semakin terkagum-kagum dengan keindahannya. Selain indah, di dalam Anda juga akan menemukan sangat banyak fosil-fosil binatang maritim mirip penyu, kerang dan fosil lainnya. Nah, tempat indah ini amat sayang untuk Anda lewatkan bila berkunjung ke Labuan Bajo.

7. Manta Point Labuan Bajo

sumber : @cruwet_cruwet via Instagram
Hal mengasyikkan lainnya yaitu Anda sanggup menyelam bersama rombongan keluarga Manta di Manta Point Labuan Bajo. Waktu terbaik untuk melihat pari Manta di tempat ini yaitu di bulan maret serta april.

Menyelam di tempat ini terasa amat menyenangkan, arus air maritim yang kencang seolah-olah begitu mamacu adrenalin Anda. Sensasi berenang bersama pari Manta merupakan sensasi tak terlupakan seumur hidup.

8. Indahnya Gili Laba


sumber : @rahman_aulia88 via Instagram
Gili keuntungan yaitu salah satu tempat terbaik untuk memandangi indahnya pulau Komodo. Menakjubkan, pemandangan indah bebukitan dan deretan pulau kecil berpadu indah dengan savana serta birunya lautan.

Di Gili Laba Anda akan menemukan sebuah pantai indah yang mempunyai pasir pantai berwarna Pink. Pantai Pink begitulah nama untuk pantai yang sangat indah ini. Keeksotisan alam di tempat ini sangat sayang untuk Anda lewatkan.

9. Pesona Pulau Alor

sumber : @cungkring via instagram
Inilah salah satu pulau yang berada di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara yang menjadi salah satu daerah favorit wisatawan mancanegara. Tempat ini merupakan salah satu nirwana bagi para penyelam sebab mempunyai 18 titik selam dengan kekayaan terumbu karang yang amat luar biasa.

'Baruna's Dive Sites at Alor' begitulah tempat indah ini disebut oleh wisatawan mancanegara. Perpaduan indah pasir putih pantai, jernih dan bersihnya air maritim serta kekayaan biota maritim menciptakan tempat ini disebut-sebut sebagai spot menyelam terbaik di dunia.

10. Air Terjun Tujuh Tingkat Oehala


sumber : infobanten22.blogspot.co.id
Air Terjun Tujuh Tingkat Oehala merupakan keindahan alam yang terletak di Desa Oehala, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. Air terjun yang mempunyai tingkatan kolam tangga ini berjarak kurang lebih sekitar 11 kilometer dari sentra Kota SoE.

Air terjun indah ini menunjukkan suasana alam begitu indah. Di tempat ini Anda akan mencicipi betapa sejuknya alam. Rasa lelah sehabis menempuh perjalanan jauh akan terbayar ketika Anda sanggup menceburkan diri ke jeram yang super eksotis ini.

11. Air Terjun Cunca Wulang

sumber : @narcizego via Instagram

Inilah nirwana tersembunyi di Flores. Air terjun Cunca Wulang yang terletak di atara Labuan Bajo dan Ruteng. Lokasi tepatnya berada di Desa Wersawe, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dari kota Labuan Bajo Anda harus menempuh perjalanan sekitar 40 menit dilanjutkan dengan trekking sekitar 45 menit menuju ke air terjun. Di pos desa Anda akan dikenakan biaya Rp100.000,- sebagai tiket masuk dan jasa pemandu yang akan menciptakan perjalanan Anda nyaman.

sumber : @kerengan via Instagram
Sesampainya di lokasi air terjun, Anda akan menemukan sebuah keindahan alam yang benar-benar luar biasa. Tebing-tebing yang mengelilinginya sangat eksotis sebab berpadu indah dengan air yang amat jernih. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang gemar berpetualang.

12. Air Terjun Waikelo Sawah 

sumber : @aksianaknegeri via Instagram
Air terjun indah selanjutnya di NTT yang sanggup menjadi pilihan wisata Anda adalah Air Terjun Waikelo Sawah. Air terjun ini terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Air terjun yang indah ini, airnya keluar dari lisan goa dan dikelilingi hutan lebat nan indah. Lokasi dan aksesnya tak begitu sulit. Air terjun yang dijadikan sebagai salah satu sumber energi PLTA ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berenang ria di bawah jeram yang super eksotis.

13. Air Terjun Tanggedu

sumber : @tukangbajalang via Instagram
Salah satu jeram yang amat indah dan mempesona adalah Air Terjun Tanggedu yang terletak di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Sumba Timur. Berjarak sekitar 45 kilometer dari sentra kota Waingapu yang merupakan ibukota kabupaten Sumba Timur.

Bebatuan indah dan jernihnya air serta sejuknya alam merupakan perpaduan indah yang menjadi alasan untuk tiba ke tempat ini. Wajar bila tempat ini menjadi salah satu tempat yang kerap muncul di media sosial. Air terjun Tanggedu merupakan tempat yang sangat indah untuk berbasah-basah dan menjadi latar foto yang menakjubkan.

14. Danau Sano Nggoang

sumber : @elisabeth_leni via Instagram
Menikmati kesegaran alam di tepi sebuah danau yang indah yaitu salah satu cara terbaik untuk menghilangkan segala penat dari banyak sekali rutinitas yang dijalani. Salah satu danau terindah di daerah Timur Indonesia yang sanggup Anda nikmati adalah Danau Sano Nggoang.

Danau elok dengan pepohon hijau ini merupakan tempat yang pas untuk menikmati alam yang begitu luar biasa. Apalagi kala senja, sunset di danau ini akan mengatakan suasana romantisme yang tak terlupakan bagi Anda. Danau ini terletak di Desa Wae Sano, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat.

15. Keunikan Pantai Batu Biru

sumber : agushoe.wordpress.com
Tak hanya pantai yang mempunyai pasir berwarna pink, NTT ternyata juga mempunyai pantai unik lainnya yaitu Pantai Batu Biru. Menakjubkan, mungkin itulah kesan yang Anda rasakan ketika melihat pantai yang dipenuhi kerikil koral berwarna biru ini.

Pantai Batu Biru ini mempunyai perpaduan unik antara bebatuan biru di sepanjang garis pantai dengan keindahan bebukitan yang amat luar biasa. Deburan ombak maritim serta tiupan angin di pantai ini menciptakan suasana bertambah syahdu. 

Bagi Anda yang ingin ke pantai ini. Anda harus melaksanakan perjalanan sejauh 20 kilometer dari sentra kota Ende. Lokasi tepatnya berada di Desa Penggajawa, Nangapanda, Flores. Birunya air maritim dan pantai dijamin akan menciptakan Anda betah berlama-lama di tempat ini.

16. Sumber Air Panas Mengeruda

sumber : floresexplore.com
Ingin menikmati suasana alam yang indah sambil mandi di Hot Spring yang amat mengatakan kesan santai. Maka Sumber Air Panas Mengeruda yaitu lokasi yang sempurna untuk Anda kunjungi.

Sebuah kolam pemandian alami yang terletak  di Mengeruda, Desa Piga Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada. Jaraknya tak begitu jauh dari ibukota kabupaten yaitu  Kota Bajawa. Jaraknya hanya sekitar 18 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih setengah jam. 

Sumber air panas alami Megeruda dipercaya sanggup menyembuhkan banyak sekali penyakit kulit sebab zat welirang yang terkandung di dalamnya. Hanya dengan Rp4.000,- Anda telah sanggup menikmati sensasi relaks mandi di pemandian yang super elok ini.

17. Pemandangan Menakjubkan Bukit Cinta

sumber : @lensa_ntt via Instagram
Inilah salah satu tempat di NTT yang lagi hits bagi pengguna sosial media. Sebuah bukit yang menunjukkan pemandangan begitu menakjubkan. Bukit yang mempunyai tugu bertuliskan 'Love' ini terletak Desa Bour, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata.

Dari bukit ini Anda sanggup memandangi indahnya lautan dan bebukitan yang berpadu kolam sebuah lukisan alam. Dari tempat ini juga Anda sanggup memandangi indahnya matahari karam di ufuk barat.

Memang tak gampang untuk mencapai bukit ini. Namun, perjalanan panjang Anda akan terbayar tentunya dengan sebuah keindahan alam yang begitu luar biasa.

18. Gunung Mutis di Kupang Timur

sumber : @id_dalla via Instagram
Bagi Anda yang gemar mendaki gunung, maka Anda sanggup melaksanakan pendakian ke Gunung Mutis yang terletak di Pulau Timor ini. Dari puncaknya Anda sanggup melihat sebuah keindahan alam yang begitu menakjubkan. Sebuah hal yang tak akan terlupakan bagi hidup Anda tentunya.

19. Pantai Nemberalla di Rote Ndao

sumber : @garut_widiarta via Instagram
Inilah salah satu nirwana bagi peselancar seluruh dunia. Sebuah pantai indah dengan ombak yang begitu luar biasa. Selain ombaknya yang besar, pantai ini juga mempunyai keindahan yaitu pasirnya yang begitu putih berpadu indah dengan pepohonan nyiur dan jernihnya air laut.

Dengan ketinggian ombak sekitar 7 meter, pantai ini mendapat penghargaan katagori Tempat Berselancar Terpopuler 2016 (Most Popular Surfing Spot) pada Anugerah Pesona Indonesia 2016. Tak sulit untuk mencari tempat ini, Anda cukup berlabuh di pulau Rote maka Anda akan gampang menemukan tempat super eksotis ini.

20.Taman 17 di Pulau Riung

sumber : @satyawinnie via Instagram
Inilah salah satu objek wisata andalan di Flores. Taman 17 di Pulau Riung yaitu salah satu tempat dengan keindahan yang begitu menakjubkan dengan deretan deretan 17 pulau.

Beragam hal sanggup Anda temui di daerah konsrvasi ini. Salah satunya yaitu tempat ini merupakan salah satu tempat Komodo menetas di habitat aslinya. Sangat menarik bukan.

21. Sawah Lodok / Sawah Spider Web di Cancar

sumber : @wickars via Instagram
Inilah salah satu keajaiban pemandangan yang sulit Anda temukan di tempat lainnya. Lokasinya mengelelingi Kelurahan Wae Belang Cancar, Desa Meler, Pong Lale, Belang Turi, Pong Leko serta Desa Bulan.

Sawah yang berada di ketinggian 1000 mdpl ini terletak di Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai. Unik, begitulah kesan pertama yang mungkin Anda rasakan ketika melihat tempat ini. Bentuknya yang ibarat jaring laba-laba sangat indah di pandang dari ketinggian.

Ternyata bentuk sawah yang begitu unik ini terbentuk jawaban tradisi yang telah ditinggalkan leluhur setempat. Sangat sayang rasanya bila ke NTT Anda tak berkunjung ke tempat unik dan instagramable ini. Sebuah warisan indah dari para leluhur yang menciptakan kita semakin gembira menjadi bangsa Indonesia.

Itulah 21 Tempat Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur yang Paling Menarik di Kunjungi. Sebenarnya masih banyak tempat indah lainnya yang sanggup Anda kunjungi.

Semoga keindahan alam yang begitu luar biasa ini sanggup dijaga kelestariannya biar sanggup menjadi sumber kesejahteraan masyarakat setempat. Baca juga Air Terjun Waimarang Sumba Timur, Tempat Wisata di NTT yang Lagi Hits.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "21 Kawasan Wisata Di Nusa Tenggara Timur Yang Paling Menarik Di Kunjungi"

Posting Komentar