Powered

Kunjungi Web Kami : Penida Blissful Trip

22 Daerah Wisata Di Sumedang Yang Paling Hits

Wisata Sumedang - Keindahan alam daerah Jawa Barat memang tak pernah ada habisnya untuk dikunjungi. Setiap daerah kabupaten dan kota di propinsi ini mempunyai tempat-tempat indah yang sangat cocok menjadi daerah tujuan wisata Anda.

Pesona keindahan alam tersebut berpadu indah dengan keunikan budaya serta kearifan lokal yang dimilikinya. Citarasa masakan yang dimiliki oleh daerah-daerah di Jawa Barat juga mempunyai keunikan dan kekhasan tersendiri yang membuatnya terasa berbeda.

Salah satu kabupaten yang mempunyai citarasa masakan dan keindahan alam yang luar biasa yakni Kabupaten Sumedang. Kabupaten yang mempunyai 26 kecamatan ini mempunyai tempat indah yang tak dimiliki oleh daerah lainnya di Jawa Barat.

Kabupaten yang beribu kota dengan nama sama yaitu Kota Sumedang ini berjarak sekitar 45 kilometer dari sentra kota Bandung. Bekas wilayah kerajaan Galuh ini mempunyai tempat-tempat indah dan menarik untuk Anda kunjungi.

Apa saja tempat-tempat indah tersebut. Berikut pilihkan 20 tempat wisata di Sumedang yang lagi hits ketika ini. Berikut ulasannya.

1. Gunung Batu Jatinunggal


sumber : @inimahsumedang via Instagram
Jejak awal yang akan Anda tapaki yakni mendaki sebuah keindahan Gunung Batu Tanjungsari. Gunung Batu Tanjungsari merupakan sebuah gunung berapi yang tidak aktif. Gunung Batu Tanjungsari merupakan salah satu Gunung Api yang mempunyai huruf yang amat cadas. 

Jadi untuk melaksanakan pendakian ke gunung ini memerlukan usaha yang tak mudah. Walau begitu pesona keindahan alam yang ditawarkan dari atas Gunung ini menjadi magnet yang tak habis-habisnya untuk dinikmati oleh wisatawan.

Gunung ini mempunyai pesona dan keindahan yang amat luar biasa. Sayup-sayup menembus kabut di pagi hari akan menjadi acara melelahkan tetapi amat mengasyikkan. 

Gunung Batu Tanjungsari Sumedang terletak di desa Rancabawang kecamatan Tanjungsari kabupaten Sumedang. Tak mahal untuk mendaki gunung indah ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk membayar parkir di desa saja. 

Kondisi track yang menantang dan melelahkan terbayar lunas ketika Anda hingga di puncak ini. Untuk melaksanakan pendakian ke puncak Gunung ini persiapan fisik dan bekal harus matang Anda lakukan semoga perjalanan Anda menjadi salah hal yang tak akan pernah dilupakan.

2. Curug Cibayawak Desa Jembarwangi Tomo Sumedang


sumber : @tensu_sugiyonohungkul via Instagram
Air terjun merupakan salah satu tempat favorit bagi para pecinta keindahan alam. Tak heran objek wisata yang satu ini senantiasa mempunyai magnet tersendiri bagi para pengunjungnya. Perjuangan nan melelahkan tak mengapa asalkan sanggup menikmati pesona keindahannya.

Sumedang juga mempunyai banyak curug atau riam yang tak kalah mempesona. Kontur dan keindahannya pun terbilang berbeda dengan riam yang ada di daerah lainnya. Meskipun objek wisata ini sangat banyak di Indonesia, kesan yang ditimbulkan masing-masing riam pastinya berbeda-beda.

Salah satu riam yang wajib Anda kunjungi di Sumedang yakni Curug Cibiyawak. Curug Cibiyawak terletak di Desa Jembarwangi Kecamatan Tomo kabupaten Sumedang. Keindahan alam riam yang tak terlalu tinggi ini menciptakan susana hati menjadi tentram.

Pepohonan yang mengelilingi riam ini ditambah sejuknya riam di kolam alami menciptakan suasana terasa begitu relaks. Meskipun tak ada akomodasi di tempat ini, suasana yang ditawarkannya saja sudah cukum menciptakan liburan Anda menjadi menarik.

Untuk memasuki riam ini Anda tak dikenakan biaya masuk, hanya saja Anda harus membayar biaya parkir kendaraan di desa. Untuk menuju riam ini Anda perlu melaksanakan persiapan fisik.

Walaupun tak begitu jauh, Anda juga diharuskan berjalan kaki untuk menuju lokasi riam ini. Siapkanlah pakaian ganti alasannya yakni tak mungkin berada di tempat ini Anda tak berenang.

3. Puncak Damar Baros Jatigede Sumedang


sumber : @inimahsumedang via Instagram
Inilah salah satu tempat di Sumedang yang mengatakan pemandangan yang amat luar biasa. Dari tempat ini Anda sanggup memandangi indahnya waduk Jatigede yang dikelilingi perbukitan dan pegunungan.

Kawasan wisata alam yang dikembangkan dan dikelola oleh Perum Perhutani KPH (Kesatuan Pemangku Hutan) Sumedang ini menyuguhkan pemandangan indah bendungan Jatigede di sebelah timurnya.

Lokasi wisata alam yang eksotis dan menawan Puncak Damar Jatigede berlokasi di tempat ketinggian Puncak Damar Desa Paku Alam Kecamatan Darmaraja. Tepatnya di tempat hutan petak 24 RPH Ciboboko BKPH Cadasngampar.

Untuk mencapai Wana Wisata Puncak Damar Jatigede Anda sanggup melewati jalan tempat hutan dan jalan Desa Paku Alam - Situraja. Letaknya sanggup diakses dengan kendaraan roda dua dan empat. Lahan parkir yang cukup luas menciptakan tempat ini menjadi salah satu tempat yang nyaman untuk Anda kunjungi.

Beragam akomodasi telah tersedia di tempat ini mulai dari lesehan di beberapa shelter hingga akomodasi lainnya menyerupai Gazebo, Camping Ground, Outbound dan tempat bermain anak-anak, mushola kecil dari kayu yang tampak alami. Ada juga akomodasi yang harus tersedia yaitu toilet yang cukup higienis dan nyaman.

Bagi Anda yang ingin memasuki tempat Wana Wisata Puncak Damar Jatigede harus membayar restribusi masuk sebesar Rp.4.000. Selain itu Anda juga akan dikenakan biaya perhiasan yaitu Rp.5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp.2.000 untuk sepeda motor.

4. Kampung Genteng Sumedang


sumber : @mysumedang via Instagram
Salah satu hal menarik dari perjalanan wisata yakni menyelami kehidupan masyarakat yang cukup menarik. Nah, salah satu tempat yang mempunyai pesona alam dan kearifan lokal di Sumedang yakni Kampung Genteng.

Keindahan alam berupa daerah pegunungan berpadu indah dengan kearifan lokal yang begitu luhur. Alam yang sejuk sanggup Anda nikmati di kampung Genteng ini. Kampung Genteng yakni sebutan untuk sebuah desa Genteng yang berada di kecamatan Sukasari Sumedang.

5. Curug Cinulang Kabupaten Sumedang


sumber : @arie_rahmt via Instagram
Salah satu riam yang mempunyai pesona yang cukup indah dan mempesona yakni Curug Cinulang. Curug ini mempunyai nama lain yaitu Curug Sindulang. Keindahan alam curug ini mengatakan sebuah pemandangan alam yang luar biasa.

Keindahan Curug Cinulang benar-benar menyejukkan mata Anda. Curug yang berada di perbatasan kabupaten Sumedang dengan Bandung Timur ini merupakan salah satu riam yang cukup gampang di akses. Letaknya berada di Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung kabupaten Sumedang.

Berjarak sekitar 42 kilometer dari sentra kota Bandung melewati Jalan Nanggeleng - Cirahayu. Untuk hingga ke lokasi riam ini Anda tak perlu melaksanakan trekking yang jauh alasannya yakni lokasinya berada tak jauh dari jalan desa. Hanya berjalan sekitar 100 meter dari lokasi kendaraan di parkir Anda akan menemukan sebuah keindahan yang luar biasa.

Untuk memasuki curug ini Anda akan dikenakan biaya masuk Rp5.000,- dan biaya parkir Rp5.000,-. Keindahan alam di lokasi Curug ini benar-benar akan memanjakan mata Anda. Di tempat ini Anda sanggup berenang serta menikmati keindahan alam yang begitu mempesona.

6. Bendungan Jatigede Sumedang


sumber : @handiyanadani2 via Instagram
Selain menikmati dari ketinggian, Anda juga sanggup menikmati pribadi bendungan Jatigede. Sebuah bendungan yang tak kalah menyejukkan mata. Bendungan Jategede mengeliri air ke waduk Jatigede yang merupakan waduk buatan terbesar kedua di Indonesia.

Tahap demi tahap yang dilakukan pemerintah untuk menciptakan waduk Jatigede berbuah hasil dengan sebuah potret keindahan yang sangat cocok dijadikan tempat wisata. Waduk dan Bendungan Jatigede dibangun bertujuan sebagai salah satu sentra pengairan untuk 90.000 hektar lahan pertanian produktif di Cirebon, Indramayu dan Majalengka.

Selain itu, tujuan lainnya yakni dipakai sebagai PLTA, sumber air higienis dan peredam terjadinya banjir di Jawa Barat. Tak disangka waduk ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang hits di Sumedang.

Mungkin alasannya yakni panorama yang ditawarkannya begitu indah, tak kalah indahnya dengan waduk Semar di Kulonprogo. Spot foto terbaik yakni ketika Anda berdiri di atas bendungan yang mengaliri air ke Waduk Jatigede.

Latar belakang begitu indah tersaji di foto Anda. Bendungan Jatigede terletak di Desa Cijeungjing, kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang. Untuk memasuki tempat wisata alam yang dikelilingi bukit indah ini nan hijau ini Anda tak dikenakan biaya apapun.

Angin sepoi-sepoi mengakibatkan tempat ini sangat cocok sebagai sarana rekreasi Anda. Bagi Anda yang hobi memancing maka tempat ini juga cocok bangi Anda para mancing Mania.

7. Situ Biru Cilembang Sumedang


sumber : @exploresumedang via Instagram
Kalau Majalengka mempunyai Telaga Nilem nan begitu indah maka Sumedang juga tak kalah. Situ Biru Cilembang Buahdua Sumedang yakni salah satu tempat yang indah dengan pesona begitu luar biasa.

Belakangan, tempat ini menjadi salah satu tempat yang sedang hits menghiasi sosial media. Banyak nama yang disebutkan pengunjung untuk tempat ini diantaranya Sirah Cilembang, Situ Cilembang, Danau Biru Hariang Cilembang dan Labuan Cermin Cilembang Sumedang.

Situ Biru Cilembang ini terletak di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, Propinsi Jawa Barat. Untuk ketika ini pengelolaan situ ini berada pada perjaka karang taruna setempat.

Berdasarkan pengalaman untuk memasuki Situ ini Anda dikenakan biaya Rp5.000,- dan ditambah dengan biaya parkir yaitu Rp2.000,- untuk sepeda motor serta Rp5.000,- untuk kendaraan roda empat. Meski tak begitu luas, keasrian alam desa ditambah dengan pepohonan yang mengelilinginya menciptakan tempat ini terlihat begitu indah.

Apalagi air jernih kolam beling berpadu indah dengan bebatuan besar yang mengelilinginya. Terlihat begitu indah dan layak menjadi latar foto alasannya yakni tempat ini begitu instagramable.

Untuk akomodasi Anda juga tak perlu khawatir, di tempat ini telah tersedia banyak akomodasi wisata menyerupai toilet sebagai tempat membilas tubuh dan ganti pakaian, penjual makanan, parkir dan akomodasi lainnya yang sanggup menciptakan Anda nyaman tentunya.

8. Curug Cigorobog Citengah Sumedang


sumber : @sumedang_banget via Instagram
Tempat indah selanjutnya yakni riam tiga tingkat yang berjulukan Curug Cigorobog. Keindahan alam dan kemudahan susukan menciptakan riam ini senantiasa ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah.

Dikelilingi hutan nan hijau lebat dan perkebunan warga, suasana di sekitar Curug Cigorobog begitu sejuk. Hal menarik di tempat ini yakni Anda sanggup menikmati air yang segar dengan pribadi mandi di bawah percikan riam langsung.

Eksotika alam yang menyajikan sesuatu yang begitu luar biasa. Curug Cigorobog ini terletak di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan. Keindahan Curug ini benar-benar layak Anda jadikan sebagai tujuan wisata Anda selanjutnya. Apalagi untuk memasuki riam ini Anda tak dikenakan biaya apapun.

Nah, berdasarkan curug ini yakni salah satu curug indah yang ada di Sumedang. Tempat yang menarik untuk dijadikan latar foto dan berbasah-basahan. Untuk akomodasi memang masih minim bahkan sanggup dibilang belum ada.

Namun, pesona keindahannya menciptakan Anda tak menyesal telah tiba ke Curug Cigorobog ini.

9. Jembatan Cincin Cikuda Jatinangor Sumedang


sumber : ridwanderful.com
Tempat ini sangat instagramable dan sangat cocok bagi Anda yang gemar fotografi. Dari Jembatan Cincin Cikuda Jatinangor Sumedang Anda sanggup mengambil banyak sekali enggel keindahan alam yang amat menakjubkan.

Berdiri kokoh ditengah hijaunya alam, jembatan Cincin Cikuda ini merupakan salah satu bangunan bersejarah peninggalan Belanda. Jembatan yang dibentuk dengan kerja paksa yang dilakukan kepada rakyat Indonesia ini merupakan salah satu sarana pengangkutan banyak sekali rempah dan hasil alam Indonesia lainnya pada masa penjajahan.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke objek wisata ini, letaknya berada di Jalan Cikuda Nanggerang No.14, Desa Hegarmanah, kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari sentra kota Sumedang. Tempat bersejarah ini layak Anda jadikan persinggahan di Sumedang.

10. Kebun Teh Margawindu 



sumber : sumedangtandang.com
Salah satu kegiatan rekreasi yang asik yakni berwisata di tengah kebun teh yang terhampar luas. Tak kalah dengan daerah lainnya, Sumedang juga mempunyai kebun teh yang tak kalah mempesona. Kebun teh Margawindu namanya, terletak di tempat perbukitan Desa Citengah, kecamatan Sumedang Selatan.

Dari tempat ini Anda sanggup menikmati suasana alam yang amat sejuk. Bukit dan gunung yang mengelilingi kebun teh ini menambah keeksotisan tempat ini. Jaraknya yang begitu bersahabat yaitu hanya berjarak sekitar 11 kilometer dari kota Sumedang membuatnya senantiasa selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Wonderful, mungkin itulah kata yang sanggup menggambarkan keindahan alam di sekitar perkebunan teh ini. Walau akomodasi tersedia minim dan susukan jalan cukup sempit serta belum ada kelola yang jelas, kebun teh ini tetap sangat layak untuk Anda kunjungi.



11. Mendaki Gunung Tampomas 


sumber : @exploresumedang via Instagram
Bagi para pecinta alam acara mendaki gunung yakni salah satu hal yang paling berkesan dari perjalanan hidupnya. Jika Anda sedang di Sumedang ada sebuah gunung yang sanggup menjadi pilihan acara pendakian Anda yaitu Gunung Tampomas.

Gunung Tampomas ini terletak di dalam wilayah administratif lima kecamatan di Sumedang yaitu Buahdua, Conggeang, Paseh, Cimalaka dan Tanjungkerta. Posisinya sekitar 15 kilometer di sebelah utara kota Sumedang. Keindahan alam Gunung ini menyajikan hal yang amat indah dipandang mata.

Gunung Tampomas mempunyai ketinggian 1.684 mdpl merupakan gunung dengan tipe Stratovolcano. Di kaki gunung ini terdapat sumber air panas dan panorama yang amat indah. Selain puncak Gunung, Anda juga menikmati alam pegunungan yang mempunyai tempat wisata berupa hutan seluas 1.250 hektar lebih.

Suasana alam pedesaan di sekitar gunung juga amat indah apalagi pesona kearifan lokal masyarakat sekitar juga tak kalah indahnya. Dari hutan wisata gunung Tampomas Anda sanggup menemukan banyak sekali tumbuhan dan fauna yang begitu beragam.

Fauna di Gunung Tampomas menyerupai owa yang mukanya berwarna hitam, lutung, monyet, Meong Congkok, banyak sekali jenis ular dan burung serta jenis lainnya sanggup Anda temui di tempat ini. Adapun tumbuhannya menyerupai Jamuju, Rasamala, dan Saninten serta fauna endemik Indonesia lainnya.

Tempat yang amat sejuk ini terasa begitu indah. Bagi Anda yang tak berpengaruh mendaki berada di kaki gunung saja sudah cukup mengatakan kesan yang tak terlupakan bagi Anda. Persiapkan diri Anda dengan matang jikalau ingin mendaki puncak Gunung Tampomas.

12. Menikmati Keindahan Kampung Toga 


sumber : @pranatasakti via Instagram
Kampung Toga merupakan salah satu tempat wisata keluarga terlengkap di Sumedang. Perpaduan keindahan alam dan ragam akomodasi di tempat telah menjadi magnet tersendiri bagi para pengunjung tempat ini.

Toga sendiri merupakan abreviasi dari Tanaman Obat Keluarga. Ya dulunya tempat ini di konsep sebagai salah satu tempat menanami Toga di Sumedang. Namun, kini tempat ini telah di sulap menjadi salah satu tempat wisata terpadu yang berkelas.

Beragam hal sanggup Anda lakukan di tempat ini. Mulai dari sekedar bersantai di puncak kampung Toga hingga bermain gantole ataupun paralayang yang menguji adrenalin Anda. Untuk pemandangan, tak usah ditanya lagi!. 

Pemandangan alam di tempat ini sangat tepat yang merupakan perpaduan indah antara alam yang hijau dengan suasana desa yang asri. Di tempat wisata terpadu ini terdapat bermacam-macam akomodasi dan wahana yang sanggup Anda nikmati.

Fasilitas tersebut antara lain permainan outbond, paralayang, gantole, paint ball, hi-roof dan bermacam-macam permainan lainnya. Selain itu di tempat ini tersedia kolam renang, restoran, villa serta sederet akomodasi lainnya yang akan menciptakan Anda nyaman berlama-lama di tempat ini.

Kawasan wisata ini terletak Jl. Kampung Toga KM. 25, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Tempat ini berada sangat bersahabat dari sentra kota Sumedang yaitu hanya berjarak sekitar 6 kilometer melewati jalan Bandung-Palimanan. 

Tempat indah ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berekreasi seru bersama keluarga ataupun pasangan Anda. Jika Anda berkunjung ke tempat ini siapkanlah budget yang cukup alasannya yakni setiap akomodasi yang Anda nikmati mempunyai harga tersendiri.

13. Mata Air Cikandung Nyalindung 


sumber : travelingyuk.com
Jika Anda ingin menikmati sejuknya air di pemandian alami dengan penorama alam yang menakjubkan. Tak ada salahnya Anda tiba ke Mata Air Cikandung. Sebuah tempat pemandian yang berada di sebuah desa yang amat asri.

Danau mini yang mata airnya berasal dari Gunung Tampomas ini merupakan salah satu tempat wisata yang mengatakan suasana santai yang menyejukkan mata. Lokasi Pemandian ini berada di Desa Nyalingdung Kecamatan Cimalaka. Tempat ini hanya berjarak sekitar 6 kilometer dari sentra kota Sumedang.

Keindahan alam wisata ini sangat terasa. Airnya yang jernih berpadu indah dengan bebatuan di sekelilingnya dan pepohonan yang begitu menghijau. Dan yang tak kalah indah di tempat ini Anda akan mencicipi suasana ramah penduduk setempat. 

Untuk akomodasi pun terbilang cukuplah. Ada sebuah toilet yang sanggup Anda jadikan ruang ganti. Sayangnya di tempat ini masih ada warga yang mencuci pakaian. Walau begitu tak mengurangi eksotika alam tempat ini. Nah, berkunjung ke pemandian ini akan mengatakan sensasi yang berbeda bagi perjalanan wisata Anda tentunya.

14. Eco Green Park Kampung Karuhun 


sumber : @kampungkaruhun via Instagram
Satu hal yang tak sanggup dilewatkan yakni menikmati Eco Green Park nya Sumedang yaitu Kampung Karuhun. Dari tempat ini Anda sanggup memandangi indahnya alam yang berupa perbukitan, sawah, dan pepohonan rindang.

Hanya dengan membayar tiket masuk Rp5.000,- Anda sanggup menikmati indahnya alam di Kampung Karuhun. Lokasinya tak jauh dari Kebun Teh Margawindu dan Curug Cigorobog yaitu masih di Desa Citengah kecamatan Sumedang Selatan yang hanya berjarak sekitar 7 kilometer dari sentra kota Sumedang.

Beragam wahana permainan dan hal menarik tersedia di tempat ini. Hal yang pertama Anda dapatkan yakni sebuah bibit pohon yang diberikan pengelola untuk di tanam di desa sebagai bentuk kecintaan kita kepada alam. Setelah itu Anda sanggup mengelilingi desa dengan sepeda Gunung.

Sederet akomodasi lainnya juga tersedia di tempat ini. Fasilitas tersebut menyerupai sarana outbond, kolam renang, saung, restoran dengan sajian khas Sunda, toilet, musholla dan sederet akomodasi adventure menarik lainnya.

Bagi Anda yang ingin menikmati kampung nan indah ini dalam waktu cukup lama. Anda sanggup berkemah di salah satu lokasi yang telah dikhususkan sebagai camping ground oleh pengelola. Selain itu akomodasi menyerupai meeting room, ATV adventure, footsal lumpur, saung budaya dan sederet akomodasi lainnya yang akan menciptakan liburan Anda nyaman.

Untuk setiap akomodasi permainan Anda akan dikenakan biaya tambahan. Kolam renang misalnya, Anda diharuskan membayar Rp10.000,- untuk sanggup berenang di tempat ini. Keindahan kampung ini akan mengatakan suasana tak terlupakan bagi Anda.

15. Surga Arung Jeram Pangcalikan 


sumber : WewengkonSumedang.com
Arung Jeram merupakan acara wisata yang sanggup dikatakan paling memacu adrenalin. Nah, di Sumedang Anda sanggup berarung jeram di Sungai Cipeles yang mempunyai kontur arus yang menantang.

Salah satunya yakni daerah pemikiran Sungai Cipeles yang terletak di Desa Citepok, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang. Sungah ini tak kalah indahnya dengan Cukang Taneuh yang menjadi Green Canyon-nya Ciamis. 

Aliran sungai yang sempit dan bebatuan yang ada terlihat begitu indah ini mempunyai arus cukup menantang. Di beberapa tempat Pangcalikan, sungai tersebut diapit oleh dua tebing batu. Tebing kerikil tersebut menambah keeksotisan tempat ini.

Salah satu nirwana rafting di Jabar ini sayang untuk Anda lewatkan ketika Anda berkunjung ke Sumedang. Pesona keindahan Sungai ini tentunya akan mengatakan pengalaman berharga bagi Anda. Sungai dengan air deras ini merupakan keindahan alam yang patut kita syukuri dan kita jaga keindahannya dengan tidak mengotorinya dengan sampah.

16. Curug Sabuk 


sumber : @chepybennington via Instagram
Curug Sabuk merupakan salah satu riam di Sumedang yang sanggup dibilang sangat mempesona. Dengan ketinggian sekitar 70 meter dan keindahan alam yang tak biasa merupakan hal yang akan Anda rasakan ketika menginjakkan kaki di lokasi riam ini.

Air terjun Sabuk terletak disekitar Taman Buru Gunung Masigit dan tempat Gunung Kareumbi. Wilayahnya masuk ke wilayah administratif Dusun Nangorak, Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Tak gampang untuk menuju lokasi riam ini. Anda membutuhkan guide untuk membimbing perjalanan Anda melewati jalan setapak melewati hutan sepanjang 4 kilometer.  Sesampai di lokasi riam ini, rasa lelah Anda akan terbayar ketika Anda melihat sebuah keindahan alam yang begitu luar biasa. 

Pancuran air dan sejuknya udara di tempat ini benar-benar akan menciptakan perasaan Anda kagum. Pesona alam yang begitu alami berpadu indah dengan air yang jatuh dari ketinggian. Hal yang sulit dilukiskan dengan kata-kata.

17. Desa Wisata Alam Pangjugjugan


sumber : wisatapangjugjugan.com
Pepohonan pinus, cemara dan gemericik air mengalun menemani Anda bercengkrama di hari yang indah. Mungkin itulah kesan yang akan Anda rasakan ketika berkunjung ke Desa Wisata Alam Pangjugjugan.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang. Desa ini merupakan salah sat udaerah penghasil ubi madu dan penghasil susu sapi. Keindahan alam tempat ini berpadu indah dengan akomodasi yang disediakan pengelola.

Fasilitas tersebut antara lain playground, terapi ikan, kerikil refleksi, curug, lapangan futsal, kolam renang, lesehan, flying fox, becak mini, tunggang kuda dan paparahuan serta arena bermain anak. Selain itu Anda sanggup menikmati kegiatan ekowisata menyerupai keliling kebun, melihat peternakan ungas, kelinci, kambing, sapi perah dan sapi potong.

Hanya dengan membayar Rp5.000,- untuk tiket masuk dan ditambah biaya parkir serta beberapa biaya perhiasan untuk wahana tertentu Anda sudah sanggup menikmati pengalaman wisata yang mungkint tak akan terlupakan bagi Anda.

18. Tempat Wisata Gunung Kunci

sumber : sumedangtandang.com
Selanjutnya kita akan melihat keindahan alam yaitu Gunung Kunci. Sebuah objek wisata alam yang mempunyai dongeng mistis di dalamnya. Sebenarnya Gunung Kunci bukanlah nama sebuah Gunung layaknya Bromo ataupun Merbabu. Akan tetapi Gunung Kunci yakni nama sebuah bukit yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi.

Benteng Beton dibangun oleh pemerintah Belanda sebagai salah satu daerah pertahanan. Di Gunung Kunci terdapat lubang-lubang yang menjadi lorong yang memliki banyak sekali fungsi. Sampai ketika ini Anda masih sanggup menemukan bangunan kokoh benteng ini.

Di tempat ini Anda tak hanya disuguhkan bangunan bersejarah. Keindahan alam tempat ini menyajikan sebuah pemandangan yang tak biasa dan menyejukkan mata. Sangat cocok dijadikan tempat bersantai sembari menikmati alam.

19. Sumber Air Panas Sekarwangi


sumber : disparbud.jabarprov.go.id
Salah satu pemandian air panas yang sanggup dikunjungi dan dipercaya sanggup menyembuhkan banyak sekali penyakit kulit yakni Cipanas Sekarwangi. Beragam akomodasi sanggup Anda nikmati, mulai dari kolam renang hingga villa tempat menginap.

Pesona pemandian air panas ini sangat pantas untuk dikunjungi. Selain menikmati air panas, suasana alam di tempat ini sanggup menciptakan Anda mencicipi suasana santai ala desa. Kesejukan alam dan kearifan lokal menciptakan lokasi ini menjadi lebih menarik dikunjungi.

20. Menikmati Kuliner Sumedang


sumber : kompasiana.com
Sumedang sangat populer dengan tahu nya yang populer di seluruh Indonesia. Banyak masakan lainnya yang sanggup Anda nikmati di Sumedang.  Nah beberapa tempat ini sanggup Anda jadikan sebagai tempat Anda berwisata masakan atau membeli oleh-oleh. 

  • Tahu Palasari Sumedang yang terletak di Jl. Mayor Abdurahman No. 153, kecamatan Kotakaler, kabupaten Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang.
  • Warung Sedhep yang terletak di Panday No.12, kelurahan Regol Wetan, kecamatan Sumedang Selatan.
  • Saung Tekho
  • Rumah makan Kartika
  • Kampung Tahu
Selain tempat di atas banyak tempat lainnya yang sanggup Anda kunjungi di Sumedang. Kuliner Sumedang begitu kaya dan sangat cocok bagi Anda pecinta kuliner. Rasanya tak diragukan lagi dan harganya pun tidak mahal.

21. Bukit Nangorak



sumber : @nugraha_rz Moe via instagram

Nah, inilah salah satu tempat yang sangat instagramable dan lagi hits di Sumedang. Agrowisata Bukit Nangorak mengatakan pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Bukit dengan view menakjubkan ini terletak di Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

22. Gunung Kerenceng



sumber : @exploresumedang via instagram
Bagi Anda yang gemar pendakian, ada satu Gunung lagi yang sangat menarik untuk didaki. Gunung tersebut berjulukan gunung Kerenceng. Sebuah Gunung yang memiliki ketinggian 1.736 meter diatas permukaan air laut.

Pesona alam begitu terasa di puncak Gunung ini. Hamparan awan memutih berpadu indah dengan alam yang begitu hijau dari ketinggian. Gunung Kerenceng terletak di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Sumedang Selatan, Kecamatan Cimanggung, dan Kecamatan Pamulihan.

Itulah 22 tempat wisata yang sanggup Anda kunjungi di Sumedang. Pesona budaya, alam, masakan dan kearifan lokal Sumedang merupakan hal yang sangat menarik untuk Anda rasakan. Masih banyak tempat indah lainnya yang sanggup Anda kunjungi di Sumedang menyerupai panorama Jatinangor, curug Kencana, serta beberapa lokasi lain yang tak kalah indahnya.

Sumedang akan mengatakan kesan indah bagi perjalanan wisata Anda. Semoga kelestarian alamnya senantiasa terjaga semoga sanggup dinikmati oleh penerus bangsa ini. Baca juga 15 Tempat Wisata di Indramayu Jawa Barat Paling Hits.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "22 Daerah Wisata Di Sumedang Yang Paling Hits"

Posting Komentar