Powered

Kunjungi Web Kami : Penida Blissful Trip

8 Daerah Wisata Di Pelalawan Riau Terbaik Untuk Dikunjungi

Tempat Wisata di Pelalawan - Keindahan alam Indonesia menyimpan keunikan dan dongeng berbeda di setiap langkah perjalanan wisata. Ada saja hal menarik dan seru yang sanggup kita temui di setiap pelosok negeri yang sanggup menjadi pengalaman berharga dan tak terlupakan.

Salah satu daerah yang menyimpan keindahan yang begitu mempesona yaitu Pelalawan Riau. Salah satu kabupaten yang berada di provinsi Riau ini dijamin bakal menciptakan perjalanan wisata Anda menjadi sangat berkesan.

Pelalawan merupakan salah satu daerah di Riau yang mempunyai wilayah cukup luas. Luas kabupaten yang mempunyai ibukota berjulukan Pangkalan Kerinci ini yaitu 13.924,94 km².

Daerah yang dibelah oleh sungai Kampar dan mempunyai beberapa pulau ini sangat layak Anda jadikan tujuan berwisata Anda. Di daerah ini Anda sanggup menyaksikan keindahan alam yang telah dikenal luas oleh dunia yaitu ombak Bono.

Selain ombak bono, masakan dan budaya Pelalawan juga mempunyai daya tarik tersendiri. Tempat apa saja yang sanggup Anda kunjungi di Pelalawan. Berikut akan mengulasnya untuk Anda.

1. Keajaiban Ombak Bono

sumber : worldsurfin9.blogspot.com
Ombak Bono merupakan salah satu keajaiban alam yang ada di Pelalawan. Pemandangan ombak besar biasanya sanggup kita saksikan di lautan yang amat luas. Tapi di Pelalawan Anda sanggup melihatnya di sebuah sungai.

Ombak Bono atau yang lebih terkenal dengan nama Bono Wave dikalangan peselancar dunia ini merupakan salah satu lokasi selancar terbaik dunia. Ombak yang berada di muara Sungai Kampar ini merupakan pertemuan antara arus pasang maritim dan sungai.

Ombak yang dikenal dengan ombak tujuh hantu ini menjadi tujuan wisata Andalan propinsi Riau. Bagi Anda yang ingin menyaksikan ombak Bono yang besar, Anda sanggup tiba pada bulan November ataupun Desember.

Selain di dua bulan tersebut Anda juga sanggup menyaksikan Ombak Bono pada waktu-waktu tertentu di bulan lainnya. Menurut masyarakat setempat, si Gelombang Hantu ini tiba bertepatan pada pertengahan bulan pada kalender hijriyah ataupun ketika terjadi bulan purnama.

Untuk menuju lokasi Ombak Bono dari ibukota Riau yaitu kota Pekanbaru Anda diharuskan menuju kota Pangkalan Kerinci. Untuk hingga ke kota ini, Anda harus menempuh perjalanan darat sejauh sekitar 65 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam lebih melewati jalan Lintas Timur Sumatera.

Dari Pangkalan Kerinci ada dua alternatif jalur yang bisa Anda lewati untuk hingga ke lokasi Ombak Bono di Teluk Meranti. Jalur pertama yaitu jalur darat dengan waktu tempuh sekitar tiga jam perjalanan.

Pilihan kedua yaitu jalur sungai. Melalui Pelabuhan Jembatan Pangkalan Kerinci Anda sanggup melaksanakan perjalanan dengan speed boat yang memakan waktu tempuh sekitar dua jam.

Biaya menaiki speed boat untuk hingga ke Lokasi Bono yaitu sekitar Rp170.000,- hingga Rp250.000,-. Jalur sungai ini merupakan salah satu jalur favorit lantaran selain cepat, Anda juga sanggup melihat indahnya pemandangan di Sungai Kampar.

Beragam kemudahan di Teluk Meranti terbilang cukup. Di tempat ini terdapat hotel dan penginapan dengan kemudahan sederhana. Ada juga masyarakat yang memperlihatkan jasa home stay. Untuk urusan masakan di tempat ini tersedia beberapa warung makan yang memperlihatkan makanan khas melayu.

2. Keindahan Danau Tajwid

sumber : RiauGreen.com
Keindahan objek wisata danau diyakini bisa menghilangkan banyak sekali kepenatan yang terjadi dalam hidup Anda. Keindahan alam yang hijau dan teduh bisa mengatakan suasana yang sangat rileks.

Di Pelalawan terdapat sebuah danau yang mulai diminati oleh para wisatawan. Danau tersebut yaitu Danau Tajwid atau Danau Kajuid yang terletak di Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Di danau yang berjarak sekitar 30 kilometer dari kota Pangkalan Kerinci ini banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan. Mulai bersantai menikmati indahnya alam, memancing, berperahu ataupun kegiatan kemah.

Keindahan danau ini sangat layak untuk menjadi persinggahan menarik di Pelalawan. Meski kemudahan masih terbilang minim, tempat ini tetap saja memancarkan pesona wisata yang amat menarik.

3. Eksotisme Danau Wisata Betung


sumber : imgrum.net
Salah satu pesona alam yang ketika ini mulai dilupakan yaitu Danau Betung. Danau yang juga memperlihatkan hamparan indah nan menyejukkan mata. Di tengah danau ini terdapat rumah etika Petalangan yang menjadi saksi bisu berdirinya Kabupaten Pelalawan.

Objek wisata ini terletak di Desa Betung, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan. Danau ini merupakan salah satu pilihan sempurna bagi Anda yang ingin berlibur murah di Pelalawan. Untuk memasuki danau ini Anda tak dikenakan biaya apapun.

Meski kemudahan di tempat ini masih terbilang minim, pesona indah danau ini tentu akan menciptakan Anda bahagia. Di tempat ini Anda sanggup mencicipi segarnya air danau, memancing ataupun bermain bahtera mengelilingi danau.

4. Pesona Taman Nasional Tesso Nilo



sumber : @arifinputra_ via Instagram
Bagi Anda yang ingin melihat tanaman dan fauna khas hutan hujan tropis, maka Anda sanggup mendatangi Taman Nasional Tesso Nilo. Taman yang mempunyai luas sekitar 38.576 hektare ini dihuni oleh ratusan jenis tanaman dan fauna.

Taman Nasional yang terletak di Kebupaten Pelalawan dan Indragiri ini salah satu tempat cocok untuk melaksanakan petualangan. Di tempat ini Anda sanggup menikmati indahnya kicauan burung nan merdu dan gajah-gajah liar serta satwa lainnya. Benar-benar pengalaman menarik dan berkesan.

5. Istana Sayap Pelalawan


sumber : @infopkc via Instagram
Salah satu bukti kejayaan kerajaan Pelalawan yaitu keberadaan Istana Sayap Pelalawan. Istana ini terletak di Desa Pelalawan, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan. Istana megah berwarna kuning yang ada di Desa ini merupakan bangunan istana gres yang dibangun oleh pemerintah.

Bangunan orisinil ketika di tempat ini hanyalah dua bangunan sayap yang mengapit bangunan utama. Keindahan bangunan bergaya melayu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melihat salah satu kemegahan budaya melayu.

6. Masjid Agung Pelalawan


sumber : @gbmn_ via Instagram
Salah satu tempat wisata religi di Pelalawan adalah Masjid Agung Ulul Azmi Pelalawan. Desainnya yang begitu megah menciptakan kondisi beribadah di masjid ini terasa begitu nyaman. Masjid ini terletak di kelurahan Pangkalan Kerinci Barat, Kecamatan Pangkalan Kerinci, tak jauh dari kantor Bupati Pelalawan.

7. Suaka Marga Satwa Sungai Kerumutan


sumber : indo.wsj.com
Pesona indah hutan tak lepas dari kabupaten Pelalawan. Salah satu tempat sempurna dan indah bagi Anda pecinta alam adalah Suaka Marga Satwa Sungai Kerumutan. Hutan yang merupakan hutan yang ditetapkan UNESCO sebagai cagar biosfer dunia ini merupakan salah satu tempat wisata alam menarik.

Beragam tanaman dan fauna menarik khas lahan gambut terdapat di tempat ini. Anda akan menemui tanaman langka dan menarik seperti kantung semar, meranti, punak, perupuk, nipah, rengas, pandan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Faunanya juga begitu mengagumkan. Jika beruntung Anda sanggup melihat banyak sekali macam satwa liar di tempat ini menyerupai burung enggang, monyet ekor panjang, harimau dahan, beruang madu kuntul putih, ikan arwana, owa, itik liar, dan buaya sinyulong. 

Hal menarik dan langka lainnya yaitu di tempat ini Anda sanggup melihat ribuan burung yang melaksanakan migrasi. Oleh alasannya yaitu itu Kerumutan ditetapkan juga sebagai wilayah daerah Importan Bird Area (IBA) dan Endangered Bird Area (EBA).

8. Eksotisme Pantai Ogis


sumber : pekanbarugallery.blogspot.com
Salah satu pantai yang cukup indah sanggup Anda kunjungi di Pelalawan yaitu Pantai Ogis. Pantai yang berada bersahabat dengan lokasi Ombak Bono ini memperlihatkan sebuah keindahan alam yang begitu luar biasa. Lokasinya berada di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan.

Itulah beberapa tempat wisata yang sanggup Anda kunjungi di Pelalawan. Semoga alam Pelalawan senantiasa terjaga kelestariannya. Hutan yang selama ini menjadi paru-paru dunia yang ada di Pelalawan tak berkurang luasnya. Baca juga 7 Tempat Wisata di Dumai Paling Menarik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Daerah Wisata Di Pelalawan Riau Terbaik Untuk Dikunjungi"

Posting Komentar