Powered

Kunjungi Web Kami : Penida Blissful Trip

Catatan Perjalanan Seru Ke Daerah Wisata Di Bangko Kabupaten Merangin

Travel Story - Perjalanan wisata yaitu hal yang senantiasa menawarkan kesan dan pengalaman yang mendalam. Salah satunya yang lakukan pada tanggal 24 dan 25 Februari 2017.

Dari sekian banyak perjalanan bersama siswa yang sudah lakukan, inilah pengalaman yang sanggup dibagikan bagi pembaca semua. Karena sebagian perjalanan sebelumnya belum mempunyai Blog.

Kali ini yaitu sebuah perjalanan wisata edukasi bersama siswa Ash-Siddiiqi. Perjalanan ini kami mulai dari Pemayung Kabupaten Batang Hari Jambi. Perjalanan kami mulai pada ketika 20.44 jumat malam menuju kota Bangko.

Perjalanan panjang nan sejuk menciptakan suasana malam itu terasa sangat nyaman. Walau ada beberapa siswa yang mabuk dalam perjalanan. Tetapi tidak menciptakan saya dan pendamping lainnya kerepotan.

Tepat pukul 02.00 wib rombongan kami tiba di daerah kami menginap yaitu kota Bangko. Uniknya kami menginap di sebuah masjid yang cukup besar yaitu masjid Baitussalam. Tepatnya di lantai dua masjid tersebut.

Setelah hingga sebagian kami sholat tahajud terlebih dahulu kemudian eksklusif beristirahat. Tak terasa pagi telah tiba, kami melanjutkan subuh berjamaah dan sarapan bersama yang disediakan pengurus masjid.

Masjid sengaja kami pilih sebagai daerah menginap alasannya yaitu untuk membiasakan belum dewasa tetap bersahabat dengan Pencipta meskipun sedang melaksanakan perjalanan wisata. Selain itu, agar sanggup ketemu orang-orang sholeh juga yang biasanya tak pernah meninggalkan shalat jamaah di masjid.

Saat Pagi menjelang kami berkemas-kemas menuju tempat-tempat wisata yang menarik di Bangko. Tujuan utama kami yaitu mengunjungi tempat-tempat menarik di Bangko mirip uraian berikut.

1. Bersantai Sejenak di Biduk Amo

Biduk Amo yaitu sebuah daerah yang berlokasi di pinggir Sungai Batang Merangin ini yaitu sebuah panggung ekspo pentas seni di Merangin. Suasana hijau dan pemandangan di daerah ini cukup menarik.

Tepat pada pukul 07.45 wib kami berangkat ke daerah ini. Di daerah ini kami hanya duduk sebentar sambil menikmati suasana pemandangan Batang Merangin dan sebuah jembatan Gantung yang menciptakan bersantai kami terasa begitu nyaman.

Selain itu pertemuan arus antara Sungai Masumai yang mempunyai warna berbeda menjadi pemandangan langka yang kami saksikan.

2. Wisata Edukasi di Museum Geopark

Berdampingan dengan Biduk Amo tepatnya di Pasar Bawah Bangko. Di daerah ini kami mendapat edukasi mengenai Geopark yang akan kami jadikan tujuan utama wisata kami di Merangin.

Pada pukul 08.00 kami memasuki daerah ini alasannya yaitu gres dibuka. Sambutan ramah petugas yang dengan tulus menawarkan edukasi menciptakan berada di daerah ini terasa nyaman.

Kami melihat bermacam-macam benda-benda koleksi yang diambil dari Geopark. Museum yang higienis dan nyaman ini sangat lengkap menawarkan kami isu awal ihwal geopark yang kami kunjungi. Di daerah ini juga dijual beberapa souvenir yang berkaitan dengan keindahan alam Merangin.

3. Pemandangan Indah Kota Bangko dari Jam Gento

Perjalanan wisata kami lanjutkan dengan mengunjungi landmark ibukota kabupaten Merangin yang tak jauh dari Museum Geopark. Dengan meniti ratusan anak tangga kami hingga di puncak yang mempunyai view indah kota Bangko.

Rasa lelah alasannya yaitu lutut terasa pegal menaiki anak tangga terbayar ketika kami menaiki bukit tertinggi di Bangko ini. Jam Gento yaitu jam yang dibangun sebagai penunjuk waktu adzan di Bangko.

Sayangnya kami tak sanggup memasuki jam ini, alasannya yaitu tempatnya ditutup. Tak tahu kenapa, jam Gento akhir-akhir ini selalu ditutup. Padahal jikalau dibuka kami sanggup menikmati keindahan bangko dari daerah yang lebih tinggi lagi.

4. Perjalanan ke Geopark

Sekitar 60 menit dari kota Bangko kami melanjutkan perjalanan kami menuju destinasi utama kunjungan edukasi di Bangko. Ya, Geopark Teluk Wang Sakti yang kami yakini akan menawarkan pengalaman berharga bagi kami.

Tepat pukul 10. 27 kami hingga diparkiran daerah ini. Dengan menuruni rarusan tangga kami menuju Geopark yang baru-baru ini dijadikan lokasi syuting salah satu jadwal wisata terbaik di Indonesia.

Rasa lelah yang kami rasakan terbayar dengan keindahan alam yang begitu memukau. Aliran air yang begitu deras dan bebatuan alami yang berasal dari kayu yang mengeras jutaan lamanya menciptakan berada di daerah ini terasa betah berlama-lama.

Tempat yang juga bersejarah ini terasa begitu alami dan asri. Melewati sebuah jembatan gantung kami menuju bak jodoh yang penuh mitos.

Tak sabar kami melangkahkan kaki menuju bak yang terletak di Teluk Wang Sakti, Tepian Idak Berubah, Bukit Sekelam Kabut yang berada dalam administratif Desa Biuku Tanjung, di zona inti Geopark Merangin.

Sesampai di bak jodoh para traveler cilik ini tak sabar menceburkan diri ke Sungai. Bermain di gerojokan mungil yang dikeliling alam dan bebatuan menakjubkan.

Saking antusiasnya hampil ada yang karam di bak yang berukuran tak begitu luas ini. Untung ada salah satu pembimbing yang sigap menyelamatkan.

Sekitar pukul 11.50 kami harus meninggalkan daerah ini. Sebenarnya belum dewasa masih mau lanjut. Karena keterbatasan waktu kami harus meninggalkan daerah yang super eksotis ini.

Keindahan Geopark Merangin cukup menciptakan pengalaman berharga bagi kunjungan edukasi kami kali ini. Sayang, akomodasi di daerah ini masih terbilang kurang. Memang ada musholla dan toilet, namun kondisinya kurang terawat.

Mungkin, pemerintah setempat perlu memperhatikan hal tersebut. Agar daerah ini sanggup menjadi tujuan wisata menarik yang dikenal tak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Apalagi arung jeram di daerah ini, salah satu yang terbaik di Indonesia.

5. Mengunjungi Taman Batu

Selepas shalat dzuhur kami melanjutkan dengan makan bersama di salah satu rumah siswa. Makanannya sangat lezat apalagi ada pete-nya. Hal itu sanggup men-charge energi kami yang hampir habis akhir kelelahan menaiki anank tangga Jam Gento dan Geopark.

Perjalanan kami lanjutkan ke lokasi yang pernah tulis sebelumnya. Yaitu Taman Batu Merangin yang menjadi lokasi wisata gres di Merangin.

Sesampai di lokasi yang terletak di Jalan Raya Lintas Tengah Sumatera Dusun Mudo Kecamatan Langling ini kami melihat batu-batu sungkai yang katanya hanya ada di Kabupaten Merangin.

Batu alam yang dijadikan aksesoris dan mempunyai nilai hemat yang tinggi. Sayang tempat-tempat yang mahal-mahal dibangun ini terlihat kotor dipenuhi sampah yang berserakan.

Anehnya, di daerah ini tak satupun tong sampah. Tempat ini bahwasanya sangat menarik untuk dijadikan tujuan wisata edukasi. Di mana batu-batu yang tersusun di daerah ini terbilang cukup menarik di lihat.

Namun, sayang sekali lagi daerah ini tak terkelola dengan baik. Tempat yang berdampingan dengan arbotarium ini, dipenuhi sampah-sampah pengunjung dan coretan tangan jahil yang tak bertanggung jawab.  Untungnya, akomodasi mirip toilet di daerah ini cukup higienis dan ada airnya.

Di daerah ini kami melihat koleksi-koleksi sembari mengabadikan momen dengan latar kerikil sungkai. Rencananya di daerah ini, kami menunggu rombongan putri yang terpisah dari kami.

Namun, menyerupai angin kemudian alasannya yaitu yang kami tunggu tak kunjung datang. Ibarat peribahasa kalau bangkai galikan kuburnya, kalau hidup sediakan buaiannya. Kami pun meninggalkan pasukan putri dan berangkat kembali ke Pemayung.

Di perjalanan kami singgah di Kota Sarolangun untuk sholat dan istirahat sejenak. Di sini kami Sholat di masjid kebanggan masyarakat Sarolangun. Selanjutnya kami menikmati indahnya jembatan Beatrix di malam hari dengan berwisata kuliner.

Perjalanan wisata ke mana pun jikalau dilakukan bahu-membahu akan terlihat menarik. Begitupun dengan perjalanan wisata yang kali ini dilakukan . Baca Juga Objek Wisata di Merangin Paling Hits Taman Batu Merangin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Catatan Perjalanan Seru Ke Daerah Wisata Di Bangko Kabupaten Merangin"