Powered

Kunjungi Web Kami : Penida Blissful Trip

40 Daerah Wisata Di Majalengka Jawa Barat Paling Hits

Wisata Majalengka - akan senantiasa menyajikan pesona alam Indonesia yang bahkan mungkin belum pernah Anda temui. Kali ini akan pilihkan tempat terindah di Majalengka yang sanggup Anda kunjungi.

Majalengka yaitu salah atu kabupaten di Jawa Barat yang alamnya sangat indah dan mempesona. Kabupaten ini mempunyai ibukota berjulukan sama yaitu Majalengka. Dari Bandung menuju kota Majalengka Anda harus menempuh jarak sekitar 98 kilometer dengan waktu tempuh sekitar dua jam lebih.

Keindahan alam Majalengka tak kalah indahnya dengan daerah lain di Jawa Barat. Udara sejuk dan hijaunya alam akan menemani Anda selama berada di tempat ini. Dengan keindahan tersebut seharusnya kaki Anda bertambah semangat untuk mengeksplor keindahan Majalengka.

Apa saja tempat-tempat indah yang sanggup Anda kunjungi di Majalengka. Kali ini akan pilihkan tempat terbaik yang sanggup Anda kunjungi ketika liburan. Dibaca hingga tuntas ya.

1. Eksotisme Curug Situhiang Majalengka

sumber : @ngetrip_mjlk via instagram
Di pagi yang indah sebaiknya Anda memulai adventure di curug Situhiyang. Kawasan curug ini dikelilingi hutan lebat dan mempunyai luas sekitar 30 hektare. Untuk mencapai lokasi ini Anda sanggup trekking melalui jalur fatwa sungai Cijure yang kurang lebih memakan waktu satu jam untuk mencapainya.

Jalur ini cocok Anda tempuh kalau debit air tidak terlalu tinggi ataupun bukan di ekspresi dominan hujan. Jika ekspresi dominan hujan sebaiknya Anda menyusuri jalur darat yang lebih aman. 

Kedua jalur tak begitu sulit, namun di jalur sungai Anda akan menemukan beberapa spot menanjak dan licin. Makara Anda harus ekstra hati-hati. Sesekali Anda akan memanjat tebing dan bebatuan di sungai Cijure.

Jika Anda menentukan jalur Sungai untuk menuju riam Situhiang maka Anda harus mempersiapkan diri dengan baik. Perhatikan sepatu ataupun ganjal kaki yang Anda pakai. Karena sekali lagi jalannya amat licin.

Untuk trekking menuju situhiang Anda tak boleh tergesa-gesa dan jangan lupa siapkan baju ganti. Gemericik air mulai terdengar mendekati lokasi riam Situhiyang. 

Air terjun Situhiang atau curug Situhiang merupakan riam yang mempunyai tinggkatan-tingkatan yang disekat oleh dinding bebatuan yang benar-benar indah. Rasa lelah akan hilang berganti dengan pengalaman berharga ketika melihat riam nan eksotis ini.

Curug Situhiang yang termasuk ke wilayah desa Kulur kecamatan Maja ini mempunyai dinding yang unik. Batuan tebingnya mempunyai bentuk ibarat tangga batu. Curug ini mempunyai tinggi sekitar 40 meter.

Ketika hingga dicurug ini Anda tentu tak sabar untuk menceburkan diri di kolam pemandian yang mungil nan jernih. Hal menarik di riam ini yaitu Anda sanggup melaksanakan rapling. Untuk melaksanakan kegiatan tersebut Anda harus mempunyai peralatan keamanan yang lengkap dan dipandu oleh profesional.

Air terjun Situhiang merupakan potret keindahan alam yang benar luar biasa. Keseruan rapling di tempat ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Untuk memasuki lokasi riam ini Anda hanya membayar dengan tenaga melewati jalanan yang ekstrem.

2. Cadas Gantung Majalengka
sumber : @zhrrp via instagram
Kalau di Bandung ada Tebing Keraton untuk melihat pemandangan alam yang menakjubkan. Di Majalengka ada Cadas Gantung sebagai tempat melihat pemandangan yang begitu menakjubkan.

Wana Wisata Cadas Gantung terletak di desa Mirat kecamatan Leuwi Munding kabupaten Majalengka. Dari sentra kota Majalengka butuh waktu sekitar setengah jam untuk mencapai lokasi ini

Cadas Gantung merupakan tebing kerikil yang terletak di atas bukit. Cadas merupakan kerikil yang keras. Dinamakan cadas gantung sebab kalau dilihat dari bawah batunya ibarat tergantung. Untuk mencapai puncak harus mempersiapkan tenaga ekstra sebab Anda akan melewati jalan yang sedikit menanjak.

Tiket masuk Cadas Gantung yaitu sebesar Rp2.000,- (kalau belm naik). Melewati jalanan setapak babatuan menciptakan kaki dan lutut Anda terasa begitu lelah. 

Berbicara akomodasi di tempat ini belum tersedia akomodasi memadai. Di tempat ini hanya tersedia pondokan untuk tempat beristirahat di tengah perjalanan dan jalan setapak yang dibangun swadaya oleh masyarakat setempat. 

Meski begitu jumlah wisatawan yang tiba ke tempat ini sangat ramai. Mungkin sebab tiket masuknya sangat murah ya. Bagi Anda yang tak sempat mengisi perut Anda, sebaiknya Anda makan jajanan sepeti lontong dan jajanan lainnya yang banyak dijual di tempat ini.

Jika perut sudah diisi dan tenaga sudah pulih, barulah Anda melaksanakan pendakian yang menanjak. Ketika hingga di Cadas Gantung Anda akan menemukan kerikil besar yang dari atasnya sanggup melihat pemandangan indah dan menakjubkan.

Hamparan pepohonan hijau, bebukitan dan kota Majalengka terlihat indah dari bukit ini. Tak heran tempat ini dijadikan tempat selfie favorit para pengunjung yang sengaja tiba untuk itu.

Ingat sebab tebingya curam, perhatikanlah keselamatan dan keamanan ketika berfoto ria. Jangan hingga perjalanan wisata berubah jadi musibah.

3. Gantole Gunung Panten Majalengka

sumber :infomajalengka.wordpress.com
Menikmati kota Majalengka dari ketinggian mengatakan sensasi yang berbeda. Ada hal menarik yang sanggup Anda nikmati ditempat ini yaitu permainan gantole. Anda sanggup terbang kolam burung sembari menikmati indahnya kota Majalengka.

Menikmati sensasi terbnag gantole lebih menegangkan dibandingkan dengan paralayang. Untung saja di tempat ini Anda terbang didampingi oleh masternya yang akan menciptakan suasana terbang lebih asyik.

Dari ketinggian ini Anda sanggup menikmati pemandangan kota Majalengka, sawah yang luas dan hamparan hutan yang memanjakan mata. 

Gunung Panten atau Bukit Munjul terletak di desa Sidamukti kelurahan Munjul kecamatan Majalengka. Berjarak sekitar 7 kilometer dari sentra Majalengka. Dari ketinggian ini Anda tak hanya bisa bermain gantole tapi juga paralayang. 

Di tempat ini terdapat beberapa akomodasi yang sanggup memanjakan perjalanan wisata Anda. Di tempat ini tersedia toilet, warung yang menjual makanan dan kelapa muda serta makanan lainnya. Benar-benar pengalaman yang luar biasa.

4. Indahnya Telaga Nila Majalengka

sumber : @dionwiyoko via instagram
Masih ada keindahan lainnya yang sanggup Anda kunjungi di Majalengka yaitu Telaga Nila. Sebuah telaga yang mempunyai air berwarna hijau kebiru-biruan yang lagi hits di Majalengka. Telaga Nila mempunyai air yang amat jernih sehingga bisa memantulkan bayangan pohon-pohon dan langin disekelilingnya ibarat cermin.

Di tempat ini banyak spot-spot yang indah yang sangat cocok bagi Anda yang gemar foto-foto. Telaga Nila ini terletak di Desa Jeruk Leueut, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Untuk mencapai telaga yang mempunyai panjang sekitar 80 meter dan lebar sekitar 20 meter ini sebaiknya Anda memakai kendaraan roda dua. Karena kalau Anda memakai kendaraan roda empat Anda harus trekking cukup melelahkan sebab tempat ini tidak bisa dimasuki kendaraan roda empat.

Kondisi jalan menuju tempat ini juga tidak terlalu baik. Letaknya yang di tengah hutan dan perkebunan warga menciptakan tempat ini belum mempunyai akomodasi yang menciptakan nyaman perjalanan wisata Anda. Perlu perhatian pemerintah biar tempat ini semakin gampang diakses dan nyaman dikunjungi.

Air birunya menciptakan Anda tak sabar untuk menikmati kesegarannya. Tapi hati-hati meskipun kedalamannya sekitar 4 meter, Anda tak bisa melaksanakan cliff jumping di tempat ini sebab di dalamnya terdapat bebatuan yang cadas.


Airnya begitu segar dan Anda sanggup berfoto di dalam airnya. Di salah satu kepingan telaga ada yang dalam banget yaitu sekitar 10 meter. Air yang segar sanggup menciptakan Anda mencicipi sensasi berenang di air biru kolam di laut.

Kata penduduk setempat airnya bisa berwarna tosca sebab banyaknya akar dan ganggang yang ada di dasar telaga. Buat kalian yang tidak bisa berenang hingga dasar Anda sanggup menikmatinya dari atas. Sangat sayang melewatkan tempat ini kalau Anda berkunjung ke Majalengka.

5. Cahaya Surga Curug Ibun Pelangi

sumber : @deejase via instagram
Cahaya Surga Majalengka itulah julukan riam yang indah dan eksotis ini. Dinamakan Ibun Pelangi sebab dipagi hari ketika ada embun muncul pelangi di riam ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi riam ini yaitu sekitar pukul 07.00 pagi.

Curug Igun Pelangi terletak di desa Sukadana, kecamatan Argapura, Majalengka. Tak sulit untuk mencapai lokasi riam ini sebab sanggup diakses dengan kendaraan roda empat ataupun dua. 

Untuk mencapai lokasi curug dari jalan raya Anda harus trekking sebentar melewati jalan setapak dan menuruni puluhan anak tangga. Dari atas Anda sanggup melihat pemandangan indah berupa sawah dan hutan yang begitu menghijau.

Salah satu yang menantang Anda harus melewati tangga bambu yang licin untuk turun ke bawah. Anda harus benar-benar ekstra hati-hati. Aliran Sungai yang ditemui sesudah tangga tersebut berpadu indah dengan tebing tinggi sekitar 20 meter.

Sungai yang jernih tersebut mebuat rasa lelah Anda hilang. Apalagi ketika Anda melihat riam indah yang dikelilingi tebing tinggi ini. Benar-benar luar biasa eksotis dan terlihat beda dengan riam yang lain.

Sinar putih dari cahaya semakin menambah keindahan riam ini. Gradasi cahaya yang masuk terlihat benar-benar indah dan memukau. Cahaya Surga begitulah wisatawan menyebutnya. Nah bagi Anda yang mengunjungi tempat eksotis ini jangan pernah merusak keindahannya dengan mencoret tebing-tebing curug ini.

6. Menengok Keindahan Goa Lalay

sumber : @adisetiadinata via instagram
Melanjutkan perjalanan dari Green Canyon-nya Majalengka ada lagi yang tak boleh Anda lewatkan yang berada dalam satu daerah yaitu Goa Lalay. Goa kelelawar yang mempunyai stalaktit dan stalakmit yang begitu mempesona.

Letak Goa ini bekerjsama sebelum hingga ke riam Ibun Pelangi. Tak ada salahnya kalau Anda singgah terlebih dahulu di tempat ini. Keindahannya terhampar dan menyejukkan mata Anda. Sangat cocok dijadikan sebagai tempat mengabadikan momen Anda selanjutnya.

7. Keindahan Bukit Panyaweuyan

sumber : @dickyhere via instagram
Sebuah tempat yang mempunyai pesona keindahan ibarat di ubud Bali juga ada di Majalengka. Pesona keindahan sawah terasering yang begitu eksotis nan menyejukkan mata. Berada tepat di atas bebukitan yang membuatnya terlihat begitu sempurna.

Terasering Panyaweuyan Argapura secara administratif terletak di Desa Argamukti Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka. Letaknya tak begitu jauh dari riam Ibun Pelangi dan Goa Lalay. 

Di tempat ini pengunjung sanggup melihat bebukitan indah yang ditanami beberapa tanaman ibarat padi, bawang daun, boled (ubi jalar), bawang merah, dan sebagainya. Keeksotisan lainnya yaitu kesegaran yang ditawarkan tempat ini dan latar belakan gunung yang mengelilinginya.

Surganya bagi pencinta fotografi. Apalagi kala pagi tiba Anda sanggup melihat betapa indah dan sempurnanya matahari terbit di ufuk timur. Untuk menuju tempat ini dari kota Majalengka berjarak sekitar 30 kilometer dengan kondisi jalan sangat baik. Nah, tempat yang indah ini amat sayang untuk Anda lewatkan kalau berkunjung ke Majalengka.

8. Kebun Teh Cipasung

sumber : @_cashadi via instagram
Tempat indah selanjutnya yaitu kebun teh Cipasung. Kebun teh yang menjadi favorit tujuan wisatawan ke Majalengka ini berjarak sekitar 59 kilometer dari sentra kota. Tepatnya terletak di Desa Cipasung Kecamatan Lemahsugih.

Dengan luas sekitar 58 hektare kebun teh ini menyajikan pemandangan yang amat luar biasa. Dengan keadaan tanah berbukit-bukit pepohonan teh tampak begitu manis dan indah di pandang mata.

Udaranya amat segar dan sejuk sehingga Anda betah berlama-lama di tempat ini. Hanya dengan Rp3.500,- Anda sanggup memasuki daerah kebun teh nan membentang luas ini. Aksesnya terbilang cukup sulit dimana kendaraan roda empat belum bisa memasuki tempat ini.

9. Menikmati Suasana Santai di Curug Cipeuteuy Majalengka

sumber : @deni_kumbala via instagram
Majalengka memang kaya riam yang super indah. Salah satunya yaitu riam Cipeuteuy atau curug Cipeuteuy. Air terjun yang lagi ngehits di Majalengka ini di beri nama curug Cipeuteuy sebab dulunya di tempat ini banyak ditumbuhi pohon pete.

Hati dan pikiran Anda akan terasa sejuk apabila Anda hingga di lokasi riam yang sangat asri dan alami ini. Curug ini berada dalam bumi perkemahan awi lega tepatnya berada di jalan Dukuh Pasir, desa Bantaragung, kecamatan Sindangwangi, Bantaragung, Sindangwangi, Kabupaten Majalengka.

Tak hanya air terjunnya yang indah, di tempat ini Anda juga sanggup menikmati indahnya alam dan satwa liar ibarat elang Jawa. Hanya dengan Rp5.000,- Anda sudah sanggup memasuki tempat nan indah yang bisa menghilangkan penat di pikiran Anda.

10. Pendakian Gunung Ciremai

sumber : Brilio.net
Hal tak boleh Anda lewatkan bagi Anda para pecinta alam yaitu pendakian Gunung Ciremai. Selain dari Kuningan Anda sanggup mendaki gunung ini dari Majalengka. Pendakian via Jalur Apuy Gunung Ciremai yaitu jalur pendakian favorit pendaki yang berada di kabupaten Majalengka.


Dengan membayar Rp50.000,- per orang sebagai retribusi Anda dan rombongan sanggup melaksanakan pendakian di gunung tertinggi di Jawa Barat ini. Beragam hal menarik dan unik akan Anda temui selama perjalanan. Keindahan yang begitu luar biasa.

Untuk melaksanakan pendakian yang wajib Anda siapkan yaitu peralatan yang lengkap untuk mendaki, bekal, jaket, keamanan dan obat-obatan. Jangan lupa bawa mantel siapa tau ketika di atas turun hujan. Pendakian ke gunung ini akan mengatakan kesan yang amat mendalam bagi Anda tentunya.

11. Curug Muara Jaya

sumber : @abiyyu_sayyid06 via instagram
Keindahan riam selanjutnya yang amat sayang untuk Anda lewatkan yaitu Curug Muara Jaya. Curug yang juga dikenal dengan curug Apuy ini terletak di Lereng Gunung Ciremai tepatnya masuk ke dalam wilayah administratif desa Sangiang, kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka. Berjarak sekitar 23 kilometer dari sentra kota Majalengka.

Dengan luas daerah sekitar 18 hektare, curug ini mengatakan pemandangan alam yang tak biasa. Curug dengan ketinggian sekitar 73 meter ini dikelilingi hutan lebat dengan udara super sejuk. 

Untuk memasuki wilayah yang indah ini, tak begitu sulit walau jalan berlubang dan Anda harus trekking beberapa menit. Di tempat ini juga telah tersedia akomodasi ibarat warung penjual makanan serta minuman, ruang camping ground, tempat parkir, wc, mushola serta ruang taman bermain untuk anak-anak.

Hanya dengan membayar Rp6.000,- Anda telah sanggup memasuki lokasi riam yang begitu indah ini. Kesegaran dan kesegaran airnya menciptakan Anda tak sabar menceburkan diri ke tempat ini. Benar-benar tempat  yang eksotis.

12. Sensasi Bermain Air di Jembar Waterpark


sumber : mytrip123.com
Salah satu sentra rekreasi air terbaik di Majalengka yaitu Jembar Waterpark. Wana wisata air yang bertema Dinosaurus ini terletak di Desa Ranji Selatan, Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka.

Berbagai wahana permainan air berpadu indah dengan alam serta patung Dinosaurus. Alam yang amat sejuk sebab letaknya yang berada di perbukitan. Selain bermacam-macam permainan, pemandangan di sekeliling tempat ini begitu menakjubkan.

Untuk memasuki waterpark ini Anda dikenakan biaya masuk sebesar Rp30.000,- perorang. Sedangkan untuk belum dewasa di bawah dua tahun tidak perlu membayar. Beragam akomodasi di tempat ini terbilang cukup baik dan nyaman.

Mushola, toilet, ruang ganti, dan food court terbilang higienis dan nyaman. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin bermain air bersama keluarga di Majalengka.

13. Indahnya Curug Tonjong

sumber : tempatwisatadaerah.blogspot.co.id
Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan riam selanjutnya maka Anda harus mengunjungi curug Tonjong. Air terjun yang terletak di desa Teja kecamatan Rajagaluh ini merupakan riam indah dengan tebing bebatuan yang lebar.

Akhir-akhir ini curug Tonjong amat ramai dikunjungi. Karena pesonanya tempat ini menjadi salah satu tempat wisata paling hits di Majalengka. Penasaran?, silahkan kunjungi curug super eksotis ini.

14. Curug Sawer yang Mempesona

sumber : tempatwisatakotamajalengka.blogspot.co.id
Tak hanya Sukabumi yang mempunyai Curug berjulukan Sawer. Ternytata di Majalengka juga ada dan tak kalah indahnya. Keindahan riam ini sulit dilukiskan sesulit untuk mencapainya. Lokasinya yang berada di tengah hutan dan bebukitan membuatnya sangat jarang dijamah manusia.

Air terjun Sawer terletak di Desa Argalingga, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Berjarak sekitar 23 kilometer dari sentra kota Majalengka. Untuk mencapai lokasi ini Anda harus trekking sekitar satu jam melewati jalan setapak yang mempunyai kondisi cukup curam dengan kemiringan sekitar 50 - 70 derajat, licin, rawan longsor dan penuh dengan semak belukar.

Perjalanan menantang akan terbayar lunas apabila melihat keindahannya. Pancaran air yang mengalir berpadu indah dengan alam yang menakjubkan. Anda sanggup berbasah-basahan di tempat yang super indah ini. Air terjun ini sangat cocok bagi Anda yang suka tantangan.

15. Keindahan Situ Sangiang 

sumber : @dettataa via instagram
Situ Sangiang yaitu salah satu tempat terindah yang sanggup Anda kunjungi di Balai Taman Nasional Gunung Ciremai. Danau terluas di Majalengka ini terletak di Desa Sangiang Kecamatan Banjaran, atau berjarak kurang lebih 27 KM dari sentra kota Majalengka.

16. Taman Buana Marga

sumber : www.lemahsugihkec.net
Taman Dinosaurus begitulah sebutan untuk taman buana marga. Taman ini terletak di Desa Lemahputih Kecamatan Lemahsugih, kurang lebih 37 km sebelah barat daya dari Kota Kabupaten Majalengka.

Keindahan alam dan patung-patung dinosaurus berpadu indah dengan beraga permainan yang tersedia di tempat ini. Tempat ini sangat layak untuk Anda jadikan pilihan Anda bersantai di Kabupaten Majalengka. Tempat yang higienis dan mulai dikeloa dengan baik.

17. Eksotisme Panorama Cikebo

sumber : triptrus.com
Salah satu tempat indah untuk memandangi alam ada di objek wisata Panorama Cikebo Majalengka. Sebuah tempat yang dikelilingi pepohonan nan lebat dan pegunungan yang merupakan view yang amat mempesona.

Panorama Cikebo ini letaknya tak jauh dari sentra kota Majalengka. Jaraknya hanya sekitar 14 kilometer dan berada tepat di Desa Tegal Sari Kecamatan Maja. Salah satu wisata favorit di Majalengka ini menyediakan bermacam-macam akomodasi yang menciptakan perjalanan wisata Anda begitu membahagiakan.

18. Eksotisme Curug Baligo 

sumber : fauziprima.blogspot.co.id
Curug Baligo yaitu riam indah yang terletak di desa Padaherang Kecamatan Sindangwangi. Tempat ini meruakan salah satu riam alami yang amat sayang untuk Anda lewatkan. Keindahannya akan mengatakan pengalaman tak terlupakan bagi Anda.

19. Pesona Air terjun Cibali 

sumber : Jitunews.com
Air terjun Cibaliterletak di Desa Cikondang Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Dari kota Majalengka Anda harus melaksanakan perjalanan sejauh 39 kilometer untuk mecapai lokasi riam ini. Suasana alami, sejuk dan pancuran airnya yang segar menciptakan rasa lelah Anda akan hilang ketika hingga ketempat ini.

20. Jatiwangi Art Factory di Desa Wisata Jatisura

sumber : @pandurahadian via instagram
Bagi Anda penikma seni maka Anda sanggup menemukan itu di sebuah desa yang ada di Majalengka. Sebuah organisasi nirlaba Jatiwangi Art Factory atau disingkat JAF sering mempertontonkan banyak sekali seni berkelas dari budaya lokal maupun mancanegara.

Beragam ekspo kesenian tersedia di Jatiwangi Art Factory yang terletak di jalan Makmur No. 604, Desa Jatisura, Kec. Jatiwangi ini. Beragam aktivitas JAF telah bisa menciptakan desa ini berubah menjadi sebuah panggung seni yang menakjubkan.

Tempat wisata Hits Lainnya
Keindahan alam Majalengka begitu luas sehingga butuh waktu yang cukup usang untuk menjelajah keindahannya. Berikut 20 destinasi wisata lainnya yang sanggup Anda kunjungi di Majalengka yang tak kalah menariknya dari tempat hits lainnya di atas.

  • Patilasan Prabu Siliwangi di desa Pajajar Rajagaluh
  • Situs Sanghyang Lingga Desa Banjaran
  • Situs Gunung Ageung
  • Sirkuit Motorcross Gagaraji
  • Bumi Perkemahan Awilega di Desa Bantaragung 
  • Agro Batu Luhur
  • Curug Leles di desa Lengkong Kulon kecamatan Sindangwangi 
  • Curug Sempong di desa Sidamukti kecamatan Majalengka
  • Curug Emas/Cilutung di desa Campaga kecamatan Talaga
  • Situ Cipadung di desa Pajajar kecamatan Rajagaluh
  • Situ Cipanten di desa Gunungkuning kecamatan Sindang. 
  • Situ Cikuda Padaherang 
  • Situ Cibulakan Bantaragung kecamatan Sindangwangi 
  • Keindahan Talaga Herang Desa Jerukleueut 
  • Panorama Ciinjuk di desa Cipulus Kecamatan Cikijing.
  • Panorama Jahim di Desa Cintaasih Kecamatan Cingambul
  • Bendungan Rentang
  • Rumah Adat Panjalin Museum Talaga Manggung 
  • Taman Nasional Sadarehe
Alam merupakan anugerah terindah Tuhan yang diberikan kepada insan untuk senantiasa kita syukuri. Potret keindahan Majalengka menciptakan kita semakin bersyukur telah dititipkan di syurga berjulukan Indonesia. Syukuri terus Anugerah tersebut dengan selau menjaganya. Baca Juga 31 Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat Paling Hits

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "40 Daerah Wisata Di Majalengka Jawa Barat Paling Hits"

Posting Komentar