Powered

Kunjungi Web Kami : Penida Blissful Trip

Traveling Yuk Ke 12 Kawasan Wisata Di Lombok Tengah Yang Bikin Terpesona

Tempat Wisata di Lombok Tengah - Daya tarik wisata alam yang indah, eksotis dan alami menciptakan Lombok menjadi tujuan wisata favorit baik bagi wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Deburan ombak pantai, pasir yang indah dan unik, bukit-bukit dan hamparan lautan yang indah serta keunikan budaya menciptakan Lombok menjadi nirwana wisata Indonesia.

Berada di Timur Pulau Bali, sekarang daerah ini bermetamorfosis menjadi wisata andalan Indonesia. Selain alam yang indah, Lombok juga mempunyai keindahan budaya, makanan dan buah tangan khas yang akan menciptakan Anda senang berada di pulau ini.


sumber : @setoutomo via instagram
Udara Lombok yang masih segar dan lingkungan yang tak seramai Bali menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini.

Salah satu kabupaten di Pulau Lombok yaitu kabupaten Lombok Tengah. Di daerah inilah Bandara Internasional Lombok berlokasi.

sumber : @richo_kyle via instagram
Sama halnya dengan daerah lainnya di Pulau Lombok. Lombok Tengah mempunyai tempat-tempat yang super keren untuk Anda kunjungi. Apa saja tempat tersebut, berikut pilihkan untuk Anda.

1. Menikmati Pesona Pantai Selong Belanak


sumber : @tomboloni via instagram
Pulau Lombok mempunyai pantai-pantai yang tak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Dewata Bali. Salah satunya adalah Pantai Selong Belanak yang terletak di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah.

Pantai ini berjarak 49 kilometer dari Kota Mataram dan 10 kilometer dari Bandara Internasional Lombok. Pantai ini mempunyai pasir putih halus yang memanjang.

Pantai Selong Belanak terkenal akan keindahan dan kebersihannya. Meski tidak sepopuler pantai lain di Lombok, namun Pantai Selong Belanak mempunyai keunikan tersendiri. Pantai ini mempunyai garis melengkung mirip bulan sabit.

Di bab ujung sabit pantai ini terdapat bukit hijau yang menambah pesona Pantai Selong Belanak. Berenang dan berselancar yaitu acara menarik yang sanggup Anda lakukan di pantai ini.

2. Menikmati Keindahan Pantai Kuta

sumber : @carolanejack via instagram
Dan yang tak kalah penting jikalau Anda berwisata ke Lombok yaitu pantai-pantainya yang cantik. Salah satunya yaitu Pantai Kuta yang terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Pantai Kuta ini berada tak jauh dari Bandara Internasional Lombok yaitu hanya sekitar setengah jam perjalanan. Jalan yang dilalui juga searah dengan Desa Sade. Dari kota Mataram, Pantai Kuta berjarak sekitar 56 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Meski belum banyak hotel berbintang di daerah pantai Kuta ini, namun akomodasi penginapan dan tempat makan yang cukup banyak serta akomodasi lainnya, menciptakan pantai Kuta ramai dikunjungi oleh turis lokal maupun turis asing dibanding pantai lainnya di Lombok Tengah.

Pantai Kuta yang dijadikan tempat penyelenggaraan Bau Nyale ini mempunyai keindahan khas. Dengan perpaduan gradasi maritim dan karang pantai yang dipagari bukit hijau nan indah serta pasir pantai yang unik.

Pasir Pantai Kuta ini mempunyai bentuk yang bundar dan mempunyai tekstur mirip merica. Air maritim yang jernih dan bersih, mengundang siapa saja untuk menceburkan diri ke Laut.

3. Romantisme Pemandangan di Pantai Tanjung Aan

sumber : @mr_mike_k via instagram
Berdekatan dengan Pantai Kuta Lombok terdapat Pantai Tanjung Aan yang tak kalah indahnya. Namun berbeda dengan pantai Kuta, akomodasi di Pantai Tanjung Aan masih sangat minim sehingga menciptakan pantai relatif lebih sepi.

Namun, itulah yang digemari wisatawan dari Pantai Tanjung Aan alasannya yaitu kealamiannya. Suasana damai layaknya berada di private beach sanggup Anda rasakan di pantai ini.

Seperti Pantai Kuta, pantai Tanjung Aan juga sering disebut pantai merica alasannya yaitu bentuk pasirnya bundar besar layaknya merica. 

4. Berjemur di Pantai Mawun


sumber : @ekopr4mono via instagram
Pantai Mawun merupakan pantai indah yang terletak di selatan Pulau Lombok. Pantai ini mempunyai pasir putih dengan garis pantainya berbentuk mirip tapal kuda, dengan dua bukit yang berada di sebelah Timur dan Barat.

Berjemur di pantai ini merupakan salah satu acara yang begitu mengasyikkan. Pemandangan super eksotis akan menjadi sahabat yang begitu menyenangkan di pantai yang terletak di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah ini.

5. Terpana Akan Keindahan Pantai  Batu Payung


sumber : @ovandp via instagram
Pantai Batu Payung merupakan salah satu pantai yang unik dan anggun di Lombok Tengah. Lokasinya tak jauh dari pantai Kuta Lombok yang dulu berjulukan pantai Mandalika.

Sama dengan Pantai Kuta, pantai ini mempunyai pasir pantai yang bertekstur mirip merica. Dinamai Pantai Batu Payung alasannya yaitu di pantai ini terdapat sebuah kerikil yang ibarat payung. Sangat eksotis dan terpana jikalau Anda berhasil mengunjungi pantai ini.

6. Keunikan Desa Sade



Berikutnya yaitu pesona keindahan Desa Sade yang sayang untuk dilewatkan. Desa ini terletak di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Desa Sade dijadikan desa wisata oleh pemerintah setempat alasannya yaitu masih mempertahan tradisi orisinil dari Suku Sasak. Meskipun desa ini terletak di pinggir jalan raya, nampaknya mereka tidak gampang dipengaruhi oleh budaya modern.

Setiap harinya desa Sade banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Mereka tiba alasannya yaitu ingin mengetahui lebih dalam kebudayaan Suku Sasak.

Selama di Desa Sade Anda akan ditemani oleh pemandu lokal yang akan menjelaskan aneka macam hal mengenai Desa Sade. Jika sedang beruntung Anda yang tiba ke Desa ini akan disambut tarian gendang beleq dan tarian Amaq Tempenges yang merupakan tarian khas suku sasak.

Masuk lebih dalam lagi Anda akan melihat kehidupan tradisional masyarakat Desa Sade. Ada bawah umur sedang bermain, para perempuan yang sedang menciptakan kain tenun anggun khas Suku Sasak dan nenek-nenek yang sedang menciptakan benang dari kapas atau ada juga perempuan yang sedang bersantai.

Pemandangan yang sangat menarik. Hampir semua perempuan di Desa Sade bisa menenun. Hasil tenunannya dijual pribadi di halaman rumah masing-masing. Harga yang ditawarkan bervariasai, mulai dari puluhan sampai ratusan ribu rupiah, tergantung materi dan tingkat kerumitannya.

Hal lainnya yang sanggup Anda lihat yaitu rumah sopan santun Suku Sasak di Desa Sade. Dan hal yang paling menarik pengunjung yaitu kebiasaan masyarakat Sade membersihkan lantai rumahnya dengan kotoran kerbau atau sapi setiap seminggu sekali.

Kotoran ini diambil pribadi dari sangkar kerbau atau sapi yang ada dihalaman belakang rumah mereka. Kemudian dipel dengan tangan dan dicampur dengan sedikit air. Meski begitu, uniknya setiap orang yang masuk ke rumah ini tidak mencium amis kotoran kerbau atau sapi tersebut. 

7. Pemandangan Bukit Merese


sumber : @ivankur5 via instagram
Dahsyatnya keindahan Bukit Merese atau Merisik yang terletak di Kawasan Mandalika ini akan menciptakan Anda semakin menikmati Lombok Tengah.

Bukit Merese terletak di Jalan Kuta Lombok, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Lokasinya sanggup ditempuh sekitar 45 menit dari Kota Mataram.

Bentang alam Bukit Merese berupa perbukitan dengan rumput hijau nan luas berpadu indah dengan putihnya pasir pantai yang memanjang serta deburan ombak laut.

Takjub mungkin itulah kata yang pas untuk menggambarkan keindahan Bukit Merese. Bukit ini merupakan salah satu lokasi terindah untuk menikmati alam Lombok Tengah.

8. Pesona Air Terjun Benang Kelambu


sumber : @taslamsaputra via instagram
Keelokan Wisata Air Terjun Benang Kelambu benar-benar memikat. Air terjun Benang Kelambu terletak di kaki Gunung Rijani, tepatnya Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Dinamakan benang kelambu alasannya yaitu fatwa air setinggi 30 meter ini terlihat tipis dan lembut bagaikan tirai. Air terjun Benang Kelambu terletak sekitar 30 kilometer dari Kota Mataram.

Perjalanan berlanjut dengan jalan setapak melintasi daerah taman Gunung Rijani. Tak perlu khawatir, jalur perlintasan menuju lokasi ini sangat aman. Matapun dimanjakan dengan hijaunya alam dan lelahpun akan terbayar seketika dikala memandang suasana asri di sekitar jeram Benang Kelambu.

Air terjun ini yaitu salah satu destinasi wisata andalan Lombok Tengah. Tak heran, wisatawan tak pernah sepi berkunjung ke tempat ini. Terpikat dengan pesona alamnya, pelancong tak ingin melewatkan mengabadikan momen di sini.

Paling seru tiba ke tempat ini bersama keluarga atau teman. Menurut kepercayaan lokal berendam dan bermain air disini bisa menyembuhkan aneka macam penyakit dan mengawetkan.

9. Menguji Adrenalin di Pantai Semeti


 eksotis dan alami menciptakan Lombok menjadi tujuan wisata favorit baik bagi wisatawan dari d Traveling Yuk ke 12 Tempat Wisata di Lombok Tengah yang Bikin Terpesona

Salah satu pantai indah di Lombok Tengah yaitu Pantai Semeti. Tiba di pantai Semeti Lombok pemandangan indah akan tersaji. Hamparan pasir putih yang digoda buih air maritim yang jernih, perbukitan hijau yang dibatasi tebing karang dan birunya air maritim tampak begitu indah.

Selain menikmati pemandangan, Ada juga yang mencoba sensasi menguji adrenalin di sini. Anda sanggup melaksanakan panjat tebing karang Pantai Semeti setinggi 80 meter.

Tak gampang untuk bergerak di bebatuan karang licin oleh deburan ombak. Pemanjat harus hati-hati alasannya yaitu batuannya tajam dan keras. 

Selesai memanjat, suasana matahari terbenam di pantai yang berada di Desa Selong Belanat, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah seakan bisa menyekat keringat dan lelah yang ada.

10. Eksotisme Bukit dan Pantai Seger


sumber : @aryfalfaryzy via instagram
Alam Lombok sungguh mempesona. Dari Bukit Pantai Seger Anda sanggup memandangi keajaiban alam yang mengagumkan. Hamparan bukit cokelat berpadu dengan indahnya deburan ombak maritim serta pantai yang memanjang.

Pantai yang erat kaitannya dengan legenda Putri Mandalika ini menyimpan keindahan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Di pantai ini Anda sanggup berselancar menikmati ombak indah yang menggulung.

Pantai yang tak jauh dari Pantai Kuta ini juga merupakan tempat terbaik untuk menikmati matahari tenggelam. Suasana romantis begitu terasa ketika hilangnya cahaya matahari di ufuk barat dan terpaan angin maritim sepoi-sepoi.

Nyaman sekali di Pantai Seger. Pantainya masih sepi menciptakan Anda serasa di pantai pribadi. Saat berjalan di jembatan akrab pantai ini terdapat monumen putri mandalika. Sebuah legenda yang sangat terkenal di Lombok.

11. Berselancar di Pantai Gerupuk

sumber : @kanoa1028 via instagram
Inilah pantai yang merupakan nirwana bagi para peselancar. Pantai Gerupuk, mungkin mendengar namanya terdengar asing di pendengaran Anda. Akan tetapi bagi pecinta selancar dunia pantai ini merupakan nirwana bagi mereka.

Pantai ini mempunyai ombak yang cukup tinggi dengan pemandangan alam yang mencengangkan. Pantai ini berada sekitar 8 km dari Pantai Kuta dan berjarak sekitar 4 km dari Tanjung Aan.

12. Pemandangan Bukit Tunak


sumber : @richo_kyle via instagram
Alam Lombok yang indah bisa menjadi hipnotis selama perjalanan. Takjub yaitu satu kata yang terlitas ketika melihat alam yang seindah ini.

Pasir putih yang panjang, birunya air maritim berombak dan hijaunya perbukitan merupakan perpaduan yang sempurna. Taman Wisata Alam Gunung Tunak sering disebut bukit Tunak.  Tempat ini merupakan lokasi terbaik untuk menjadi latar belakang foto Anda.

Taman Wisata Alam Gunung Tunak merupakan salah satu dari tujuh belas daerah konservasi yang dikelola oleh Balai Konservasi NTB. Rasanya enggan beranjak dari tempat mempesona ini.


Itulah tempat-tempat indah di Lombok Tengah. Anugerah keindahan Tuhan yang amat patut kita Syukuri. Cintai alammu maka alam akan mencintaimu juga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Traveling Yuk Ke 12 Kawasan Wisata Di Lombok Tengah Yang Bikin Terpesona"

Posting Komentar