Powered

Kunjungi Web Kami : Penida Blissful Trip

23 Daerah Wisata Di Pekanbaru Riau Terbaik Untuk Dikunjungi

Tempat Wisata di Pekanbaru - Pekanbaru merupakan salah satu kota terbesar yang ada di Pulau Sumatera yang merupakan ibukota propinsi Riau. 

Kota ini merupakan salah satu kota dengan perekonomian yang tumbuh pesat. Pesona Pekanbaru akan menciptakan siapa saja akan terkesan mengunjungi kota yang mempunyai multi etnik, agama dan budaya ini.

Kali ini akan mengajak Anda untuk menikmati pesona Indah tempat-tempat wisata yang ada di Kota Pekanbaru dan Sekitarnya. Apa saja tempat-tempat tersebut berikut ulasannya.

1. Panorama Indah Sungai Siak di Kampung Bandar Pekanbaru


a photo by keRiau.id via Facebook
Sungai Siak merupakan icon wisata kota Pekanbaru yang mempunyai panorama indah yang cocok dijadikan tempat bersantai menikmati senja. 

Sungai terdalam di Indonesia ini merupakan pusat pariwisata yang menarik dengan latar belakang jembatan Siak III. 

Pembangunan tempat Water Front City di Kampung Bandar di Kecamatan Senapelan akan menciptakan senja di lokasi ini begitu nyaman dan romantis. Aktivitas kemudian lalang di Sungai Siak dan pemandangan serta akomodasi tempat makan yang bermacam-macam akan menciptakan tempat ini layak menjadi pilihan Anda untuk menikmati keindahan Pekanbaru.

Berjarak 10 kilometer dari Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II tempat ini merupakan salah satu jantung kota dengan segala akomodasi yang Anda dan pusat dari festival-festival yang sering diadakan pemerintah propinsi Riau ataupun Kota Pekanbaru.

2. Balai Adat Melayu Riau di Pekanbaru


sumber : wikimapia.org
Ingin berkunjung ke objek wisata budaya yang menarik dan indah, tempat ini sanggup Anda kunjungi. Balai Adat Melayu Riau memilki arsitektur yang sangat unik dengan beraneka ragam ukiran, warna dan motif tenunan khas masyarakat Melayu Riau.

Simbol kebesaran Melayu Riau ini di Jalan Pangeran Diponegoro No. 39, Kota Pekanbaru, mempunyai arsitekur yang indah dengan suasana yang sejuk dan asri. Untuk masuk ke tempat wisata menarik ini Anda cukup membayar Rp3.000,- per orang.

3. Riau Fantasi 


sumber : http://promowaterpark.blogspot.co.id/
Taman rekreasi ini merupakan salah satu theme park dan water park terbesar di Sumatera. Bernama Labersa water park dan theme park, objek wisata ini dibangun di atas lahan seluas 6,5 hektare dengan wahana permainan yang beragam.

Berada di tempat Labesa Grand Park tempat ini menjadi salah kepingan dari tempat wisata terpadu dengan banyak sekali fasilitas hotel berbintang, serta sebuah lapangan golf dengan luas total tempat mencapai 300 hektar.

Labersa Theme Park & Water Park atau Riau Fantasi terletak  di Jalan Labersa – Parit Indah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Dari Kota Pekanbaru Anda harus melewati Jl. Mekar Sari dan Jl. Labersa sejauh 11 kilometer menuju objek wisata ini.

Adapun tiket masuk ke objek wisata ini ialah sebagai berikut

Hari Biasa
-Water Park                                             Rp60.000,-
-Theme Park                                           Rp60.000,-
-Waterk Park dan Theme Park               Rp100.000,-
-Sewa Loker                                           Rp20.000,-
-Sewa ban pelampung untuk 1 orang     Rp15.000,-
-Sewa ban pelampung untuk 2 orang     Rp25.000,-

Weekend
-Water Park                                             Rp70.000,-
-Theme Park                                           Rp70.000,-
-Waterk Park dan Theme Park               Rp100.000,-
-Sewa Loker                                           Rp20.000,-
-Sewa ban pelampung untuk 1 orang     Rp15.000,-
-Sewa ban pelampung untuk 2 orang     Rp25.000,-

Beragam wahana permainan air di tempat ini yang sanggup Anda nikmati menyerupai lima kolam besar Adult Pool, Adventure Pool, Lazy River Pool, Baby Pool, serta Crocodile River Pool.

Selain wahana tersebut, banyak wahana lain yang akan menciptakan liburan Anda dan keluarga di tempat rekreasi ini menjadi menarik dan menyenangkan.

4. Perpustakaan Soeman HS 


a photo by @erinrizal via instagram
Nah, bagi Anda yang gemar membaca, Perpustakaan Hoeman HS ialah salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi. Perpustakaan terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu perpustakaan yang mempunyai arsitektur yang menarik dan unik.

Bangunan yang berbentuk rehal ini terletak di Jl. Cut Nyak Dien, Jadirejo, Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau. Buka mulai pukul 08.00-16.00 wib. Perpustakaan ini mempunyai banyak sekali akomodasi yang akan menciptakan pengunjung terpukau. 

Selain sanggup menikmati ribuan koleksi buku di tempat ini Anda juga sanggup menikmati akomodasi seperti auditorium, bilik budaya, melayu, atrium, ruang pertemuan, ruang internet, Musholla, Café dan kantin, serta Energy Corner (Chevron Library).

Hal lain yang tak boleh terlewatkan berfoto dengan latar bangunan yang unik ini.

5. Kebun Binatang Sang Kulim


sumber :bayuwinata.wordpress.com
Jika Anda dan keluarga ingin mengedukasi diri Anda dengan mengenal banyak sekali satwa khas Indonesia, kebun hewan yang terletak Jalan Kubang Raya, Kubang Raya, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. 

Dari pekan gres ada dua alternatif jalan untuk mencapaii lokasi ini. Salah satunya melalui lewat Jl. Soekarno - Hatta dan Jl. Kubang Raya dengan jarak sekitar 18 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Ratusan koleksi binatan kebun Sang Kulim akan menciptakan Anda senang menikmati liburan di tempat ini. Untuk masuk ke tempat ini Rp18.000,- untuk remaja dan Rp10.000,- untuk anak-anak. 

6. Danau Buatan Lembah Sari



sumber : http://jelajahiya.blogspot.co.id/
Danau yang terletak di Kecamatan Rumbai berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Pekanbaru. Dengan pemandangan dan panorama yang indah dikelilingi pepohonan hijau dan bebukitan. Danau ini menjadi terasa begitu indah dan romantis di kala senja.

7. Taman Rekreasi Alam Mayang


sumber : wisatamu.com
Tempat ini merupakan tempat wisata favorit yang ada di Pekanbaru. Taman Rekreasi Virgo merupakan taman rekreasi dengan konsep alam terbuka yang sejuk dan asri. 

Beragam wahana permainan sanggup Anda nikmati di Taman Rekreasi Alam Virgo diantaranya Karper Ajaib, Banana Boat, Bogel, Sepeda Air, Safary Train, Playing Fox, Rumah Hantu, Camper Boat, Becak, Kereta Naga, Mandi Bola, Balon Loncat, ada juga Studio 3D, Shooting Target, Tembak Reaksi, Mombom Car, atraksi-atraksi badut, Topeng Monyet, instalasi seni dari banyak sekali komunitas.

Taman Rekresi Alam Virgo terletak di Jl. Imam Munandar (harapan raya) KM. 8 Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru. Buka mulai pukul 08.00 sd 18.00 wib dengan tiket masuk seharga Rp7.000,-/anak dan Rp13.000,-/orang remaja ditambah jikalau Anda memakai motor dengan biaya parkir Rp3.000,- dan kendaraan beroda empat dengan biaya Rp5.000,-.

Setelah masuk ke lokasi Anda akan dikenai biaya jikalau ingin menikmati wahana-wahana yang tersedia. Dengan membayar mulai Rp10.000 sd Rp30.000,- Anda sanggup menikmati berbaga wahana yang Anda inginkan. 

Di taman rekreasi ini juga tersedia tempat makan dengan sajian yang enak-enak dan pusat souvenir sebagai cinderamata yang sanggup Anda bawa pulang.

8. Ombak Bono di Palalawan
a photo by @bono_ombakhantu via instagram
Bono ialah gelombang atau ombak yang terjadi di Muara Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Indonesia. Ombak Bono Sungai Kampar merupakan suatu fenomena alam tanggapan adanya pertemuan arus sungai menuju maritim dan arus maritim yang masuk ke sungai tanggapan pasang. (Sumber : www.wikipedia.org)

Itu klarifikasi dari wikipedia ihwal objek wisata yang sangat terkenal di Riau ini. Sungai kampar merupakan salah satu sungai yang terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia sebab keunikan ombak bono.

a photo by @bono_ombakhantu via instagram
Untuk menuju ke ombak Bono Anda harus menuju dermaga di desa teluk Meranti yang berjarak sekitar 70 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 3 jam setengah. Dari dermaga Teluk Meranti Anda harus naik  boat sekitar 30 menit. 

Untuk kalian penikmat surfing rasanya wajib ke tempat yang mempunyai ombak terbesar kedua di dunia sehabis Brazil ini. Konon ombak besar. Waktu ombaknya tiba memang tak pasti, ada yang menyampaikan  ombak tiba secara bergantian selama 3 bulan yaitu 3 bulan pada siang hari dan 3 bulan pada malam hari.

Ada banyak hal yang sanggup Anda lakukan selama menanti kedatangan ombak diantaranya menikmati  pantai perasaan yang berada di tengah sungai kampar. Pantai dengan nama yang unik dan tempat yang unik ini sanggup Anda temui jikalau Anda temui.

Anda akan jatuh cinta dengan tempat indah ini. Setalah puas menikmati indahnya pantai perasaan yang ditunggu juga datang. Ombak nan indah bergelombang tujuh lapis ini menciptakan siapapun tak sabar untuk surfing di tengah ombak tersebut. Benar-benar menakjubkan.

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat ini, waktu terbaik untuk Anda ialah bulan november dan Desember sebab pada waktu itu obak Bono lagi besar.

9. Istana Siak Sri Indrapura

a photo by @cfaaqhorie via instagram
Bangunan yang merupakan Istana Sultan Siak pada tahun 1889 ini merupakan sebuah bangunan bersejarah yang kental dengan nuansa melayu, arab dan eropa. 

Terletak di Jalan Sultan Syarif Kasim, Kabupaten Siak, Riau. Tak begitu jauh dari kota Pekanbaru. Hanya berjarak sekitar 97 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam lebih. 

Memasuki gerbang istana, Anda akan melihat bangunan megah yang sayang jikalau tak diabadikan momen dengan latar belakang yang begitu cantik. Memasuki ke dalam ruangan, Anda akan melihat koleksi-koleksi unik dan glamor yang dimiliki istana siak.

Tempat ini layak jadi tujuan wisata Anda dikala berada di Pekanbaru. Hanya dengan Rp3.000,- Anda sanggup memasuki bangunan indah nan bersejarah ini.

10. Masjid Agung An Nur Pekanbaru


a photo by @endilasak via instagram
Masjid yang terletak Jl. Syehk Burhanuddin, Kota Pekanbaru, Riau ini ialah salah satu masjid terbesar di Sumatera yang mempunyai arsitertur indah dan megah. Perpaduan arsitektur Melayu, Turki, Arab dan India serta kemegahannya menciptakan masjid ini sering disebut-sebut sebagai Taj Mahalnya propinsi Riau.


http:almasjidy.blogspot.co.id
Masjid An Nur mempunyai kapsitas sekitar 5.000 jamaah dengan luas 2500 meter persegi. Keindahan masjid ini benar-benar memukau dan menciptakan Anda nyaman beribadah di tempat ini.

11. Museum Sang Nila Utama

sumber : riauberbagi.blogspot.co.id
Museum Sang Nila Utama ialah objek wisata sejarah yang tak boleh Anda lewatkan dikala berada di Pekanbaru. Museum ini terletak di l. Jenderal Sudirman No.194, Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.

Sama menyerupai museum yang ada di Indonesia lainnya, museum ini menyimpan benda-benda bernilai sejarah tinggi menyerupai benda jenis Geologika/geografika (koleksi yang bekerjasama dengan geologi dan geografi), biologika (koleksi yang bekerjasama dengan biologi), etnografika (koleksi yang bekerjasama dengan suku bangsa), arkeologi (koleksi yang bekerjasama dengan kepurbakalaan), historika (koleksi yang bekerjasama dengan sejarah), numismatika dan heraldika (koleksi yang bekerjasama dengan mata uang, stempel, dan tanda jasa), filologika (koleksi yang bekerjasama dengan naskah kuno), keramologika (koleksi yang bekerjasama dengan gerabah dan keramik), senirupa (koleksi yang bekerjasama dengan seni lukis, seni kerajinan, dan seni patung), teknologika/modern (koleksi yang bekerjasama dengan teknologi dan rekayasa).

Museum ini buka pukul 08.00 sd 16.00 wib dengan tiket masuk sebesar Rp5.000,-. Di tempat ini pengetahuan Anda ihwal sejarah Riau dan kebudayaan Melayu akan bertambah dengan benda koleksinya yang luar biasa.

12. Anjungan Seni Idrus Tintin


sumber : riauberbagi.blogspot.co.id
Anjungan Seni Idrus Tintin akan membuat Anda terkesimah melihat arsitekturnya yang begitu elegan. Bangunan bagus ini terletak di alan Jendral Sudirman, Tangkerang Selatan, Bukit Raya, Pekanbaru, Kota Pekanbaru.

Tempat ini merupakan tempat berkumpul warga pekanbaru yang ingin bersantai di waktu sore. Bangunan indah ini sangat layak Anda kunjungi dan menjadi latar foto Anda selanjutnya di Pekanbaru.

13. Masjid Senapelan Pekanbaru

sumber : klikhotel.com
Masjid Agung Senapelan merupakan objek wisata sejarah dan religi yang mempunyai nilai arsitektur tinggi. Mesjid tertua di Pekanbaru ini merupakan saksi sejarah berkuasanya kerajaan Siak di Kota ini. 

Sesuai dengan namanya masjid ini terletak di JL. Senapelan, Kota Pekanbaru. Berkunjung ke masjid yang berasitektur unik ini merupakan salah satu pilihan perjalanan wisata Anda di Pekanbaru.

14. Dekranasda Riau


sumber : lancangkuning.com
Pekanbaru merupakan salah satu kota di Indonesia dengan pertumbuhan industri kreatif yang amat tinggi. Nah, salah satu tempat belanja yang pas bagi Anda jikalau di Pekanbaru adalah Dekranasda Riau yang beralamat di Jl. Sisingamangaraja No.140.

Beragam barang kerajinan dengan sentuhan khasanah daerah Riau sanggup Anda jadikan cinderamata sebagai buah tangan untuk orang-orang terkasih Anda. Bagi Anda pencinta batik, membeli batik tabir ialah salah satu hal yang harus Anda lakukan di tempat ini. Batif dengan motif yang indah dan menciptakan penampilan Anda lebih elegan.

15. Air Terjun Guruh Gemurai


sumber :gosmatra.com
Air terjun Guruh Gemurai merupakan gerojokan yang terletak di Pulau Deras, Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik Lubuk Jambi, Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Berjarak sekitar 202 kilometer dari Kota Pekanbaru dengan waktu tempuh sekitar 4 jam setengah. 

Sama dengan gerojokan lainnya di Indonesia, untuk menuju lokasi gerojokan ini Anda harus melaksanakan trekking terlebih dahulu. Berjalan kaki melewati perkebunan karet warga dan hutan sejauh 2 kilometer. 

Air terjun dengan ketinggian 20 meter ini sangat indah dikelilingi hutan lebat nan sejuk. Tersedia kolam pemandian alami di bawah gerojokan ini yang menambah keeksotisannya. Hanya dengan Rp3.000,- Anda sudah sanggup menikmati gerojokan ini.

16. Air Terjun Aek Martua


a photo by @ezzy_wulandari via instagram
Air Terjun Aek Mertua ini merupakan salah satu gerojokan unik yang ada di Riau. Air terjun bertingkat-tingkat dengan panorama yang tak kalah bagus dengan gerojokan lainnya di Indonesia.

Air terjun yang kerap disebut gerojokan tangga seribu ini terletak di Bangun Purba Timur Jaya, Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu. Berjarak sekitar 188 kilometer dari kota pekanbaru melewati jalan lintas Pepatahan-Garuda Sakti dengan waktu tempuh sekitar 4 jam setengah. Untuk ongkos ke tempat ini berkisar Rp50.000,- sd Rp90.000,- tergantung  kendaraan apa yang Anda naiki.

Setelah ke desa Bangun Purba Anda harus berjalan melewati hutan dan perkebunan warga sejauh 6,5 kilometer. Kondisi jalan 3,5 kilometer pertama yang Anda lalui cukup baik sudah ada jalan setapak dan jembatan gantung. Namun sehabis itu Anda harus berjalan melewati hutan lindung sejauh 3 kilometer.

Perjuangan sulit akan terbayar dengan keindahan gerojokan ini. Dengan ketinggian gerojokan ini bervariasi mulai dari 15-30 meter dengan panorama yang begitu indah. Tebing-tebing dan kolam pemandian menciptakan gerojokan yang bagus ini menciptakan siapa saja terpanah akan keindahannya.

17. Taman Ria Putri Kaca Mayang


sumber : liandamarta.com
Taman Ria Putri Kaca Virgo merupakan taman rekreasi keluarga dengan banyak sekali wahana permainan anak yang sangat menarik. Taman ini merupakan salah satu objek wisata yang legend di Pekanbaru. Siapa pun yang pernah melewati masa kecil di Pekanbaru akan mencicipi kepopuleran taman ini dulunya.

Taman Ria Putri Kaca Virgo terletak di di Jl. Jendral Sudirman Pekanbaru tepatnya berada didepan Kantor Walikota Kota Pekanbaru. 

Berbagai wahana permainan anak ada di tempat ini seperti kolam renang, komedi putar, bombom car dan masih banyak lagi permainan lainnya yang tentunya menyenangkan dan mengasyikkan. Tentunya Anda dan keluarga akan mencicipi senang apabila berada di tempat ini.

18. Wisata Desa Okura


sumber :pekanbaru.co
Desa Wisata Dakwah Okura merupakan desa yang sangat indah dan asri. Objek wisata ini memadukan unsur-unsur sunah di dalamnya menyerupai latihan berkuda dan kegiatan lainnya yang berbau islami.

Wisata Dakwah Okura atau WDO terletak di Desa Wisata Okura, tepatnya di Jalan Raya Panjang, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru. Di tempat ini banyak sekali kegiatan wisata menarik sanggup Anda lakukan seperti bersampan, berkuda, memanah, berenang, motocross, downhill, airsoft, memancing, paint ball, bersepeda, outbond, camping hingga menikmati wisata budaya yang mengasyikan.

Spot favorit di tempat ini ialah bermain atau latihan berkuda. Dengan paket wisata Joy Raide Rp30.000 per 30 menit, Anda sudah sanggup menunggani kuda keliling desa wisata ini. Jika Anda butuh pelatih untuk latihan berkuda maka Anda cukup merogoh kocek Rp150.000,- per jam.

Selain itu di Desa Wisata Okura ini Anda sanggup mengikuti latihan memanah dengan biaya Rp50.000,- per pertemuan. Menikmati desa Wisata yang buka mulai pukul 07.00 pagi ini akan menyampaikan kesan yang mendalam dan tak terlupakan bagi Anda.

19. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim II

sumber :tempatwisatanasional.blogspot.com
Taman Hutan yang merupakan tempat konservasi alam ini merupakan tempat selanjutnya yang menarik Anda kunjungi. Kekayaan tumbuhan dan faunanya sangat bermacam-macam dan menjadi daya tarik tersendiri. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim terletak di Kecamatan Minas Kabupaten Siak, Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar dan Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru.


20. Air Terjun Batang Kapas


a photo by @mardian_umar via instagram
Air terjun Batang Kapas layak Anda kunjungi jikalau Anda pencinta wisata alam sejati. Air terjun yang mempunyai tinggi 150 meter ini benar-benar menyampaikan keindahan dan artinya perjuangan. 

Air terjun ini berlokasi di desa Lubuk Bigau, kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Berjarak sekitar 135 kilometer dari kota Pekanbaru degan waktu tempuh sekitar 3 jam setengah. 

Untuk mencapai lokasi gerojokan ini memang begitu usaha yang ekstra. Namun dikala Anda hingga ke lokasi gerojokan ini Anda akan melihat sebuah keajaiban alam yang tak terlupakan.


21. Berwisata Kuliner di RM Baung

Salah satu tempat wisata masakan dengan masakan khas riau yang enak-enak a di RM Baung yang terletak di jalan Sekolah ujung kecamatan Rumbai, Kota Pekabaru ini.
sumber :kerajaanpelalawan.blogspot.co.id
Sesuai dengan namanya, sajian favorit di tempat ini ialah gulai kepala ikan baung yang super enak. Selain itu tersedia sajian khas lainnya yang sanggup hasrat wisata masakan Anda tersalurkan. Makan di tempat ini terbilang murah, hanya dengan Rp25.000,- Anda sanggup menikmati nasi putih + gulai baung + kerupuk kulit (jangek) + es teh manis. 

22. Berbelanja di Pasar Bawah Pekanbaru


sumber : disparekraf.riau.go.id
Pasar Bawah sanggup dikatakan sebgai nirwana belanja bagi ibu-ibu dan bapak-bapak di Pekanbaru. Pasar ini merupakan tempat terbaik berburu barang impor menyerupai tas, sepatu, keramik dan barang lainnya yang sanggup menjadi oleh-oleh khas Riau mulai dari Kacang Pukul, Bolu Kemojo, dan Batik Riau.

Rasanya tak lengkap jikalau Anda tidak mengunjungi pasar yang terletak di kp. Dalam, Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau ini. 

23. Bersantai Sambil Menikmati Kopi di Kedai Kopi Kawasan Hang Tuah.
sumber :infomakan.com
Salah satu hal yang sanggup nikmati di Kota Pekanbaru ialah kedai kopi di Jalan Hang Tuah. Di jalan ini berderet kedai kopi dengan rasa yang luar biasa. Ini ialah pilihan sempurna bagi Anda yang ingin nongkrong di tengah hiruk pikuk kota di dampingi dengan kopi bercita rasa terbaik. 

Ada beberapa kedai kopi di jalan ini diantaranya kedai kopi kimteng, kedai kopi hang tuah, kedai kopi laris, Kedai Kopi Tos, Kedai Kopi Kok Tong dan Kedai kopi Tos serta kedai kopi lainnya. Bagi Anda pecinta kopi tempat ini wajib Anda kunjungi.

Baca juga .

Pekanbaru mempunyai pesona keindahan tersendiri. Tempat-tempat di atas sangatlah menarik dan sanggup menjadi pilihan wisata Anda dan keluarga di daerah yang mempunyai budaya melayu ini. Tulisan ini supaya sanggup bermanfaat bagi Anda ataupun wisatawan lainnya yang ingin berkunjung ke Pekanbaru.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "23 Daerah Wisata Di Pekanbaru Riau Terbaik Untuk Dikunjungi"

Posting Komentar