Powered

Kunjungi Web Kami : Penida Blissful Trip

15 Kawasan Wisata Di Pariaman Yang Paling Menarik Untuk Dikunjungi

Tempat Wisata di Pariaman - Pariaman merupakan sebuah kotamadya yang ada di propinsi Sumatera Barat. 

Kota yang dulunya merupakan bab wilayah administratif Padang Pariaman ini mempunyai keindahan budaya dan alam yang begitu mempesona.

Seni budaya yang kaya dari Pariaman menciptakan kota ini menjadi salah satu tujuan wisata menarik yang dikunjungi wisatawan baik lokal maupun nasional.

Seperti kebanyakan daerah di Sumatera Barat, Pariaman juga mempunyai pantai-pantai yang indah.

Selain itu, Pariaman mempunyai citarasa masakan yang luar biasa dan pesona budaya yang mengagumkan. Sangat masuk akal jikalau kota ini menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Sumatera Barat.

Kota ini berjarak sekitar 59 kilometer dari kota Padang melintasi jalan Lintas Barat Sumatera dengan waktu tempuh sekitar satu jam setengah.

Kali ini akan dibahas tempat wisata yang menarik untuk Anda kunjungi di Kota Pariaman. Selain itu, akan dimasukkan juga tempat-tempat wisata indah yang ada di Kab. Padang Pariaman alasannya lokasinya berada tak jauh dari kota ini. Berikut ulasannya.

1. Pantai Gandoriah

a photo by @mrionaldo85 via instagram
Pantai yang satu ini merupakan salah satu icon wisata di Pariaman. Tak afdol rasanya ke Pariaman jikalau tak singgah ke pantai nan elok dengan pemandangan hamparan maritim biru dan pulau-pulau kecil dihadapannya.

Keberadaan pantai ini yang terletak di sentra kota, panorama nya yang indah, dan konturnya yang landai menciptakan pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dan menjadi salah satu objek wisata yang terkenal di Sumatera Barat.


Dari kota Padang, pantai ini hanya berjarak 55 kilometer dengan waktu tempuh sekitar sejam setengah.

Ongkos dari Padang ke Pariaman hanya berkisar Rp20.000. Setibanya di pantai ini, Anda akan melihat kondisi pantai yang cukup ramai apalagi pada sore hari.

Untuk tiket masuk ke pantai ini, Anda hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk kendaraan sepedar motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Setelah menginjakkan kaki di pantai yang landai ini, terlihat indah pesona formasi 6 pulau kecil yang terlihat bagaikan menghias cakrawala. 

Pulau-pulau elok tersebut adalah Pulau Kasiak, Pulau Angso, Pulau Tangah, Pulau Ujung, Pulau Gosong dan Pulau Bando.

Menikmati sunset di pantai ini yaitu sensasi yang begitu indah. Makara sebaiknya Anda berkunjung ke Pantai ini dikala sore hari. 

Untuk fasilitas di pantai ini terbilang cukup lengkap. Terdapat banyak penjual masakan yang menjual masakan yang yummy dan menyediakan bangku-bangku sebagai tempat Anda bersantai di pantai ini. (*baca tips di bawah)

Fasilitas lainnya yang sanggup Anda nikmati di pantai ini yaitu banyak sekali jasa penyewaan peralatan water sport yang biasanya ramai pada dikala weekend. 

Selain kondisi pantai yang indah, pada setiaap tanggal 10 muharram pantai ini juga menjadi salah satu tempat pameran watak yang sangat menarik untuk dilihat. 

Festival tersebut yaitu pameran pelepasan tabuik yang rutin digelar dan merupakan pesona budaya kota Pariaman.

Tips untuk Anda yang mengunjungi pantai ini yaitu ketika Anda ingin makan di tempat ini sebaiknya Anda tanya terlebih dahulu harga makanannya.

Berdasarkan pengalaman harga masakan di pantai ini terbilang cukup mahal. Jadi, lebih baik menyiapkan bekal sendiri sebelum hingga di pantai ini.

2. Pantai Kata

a photo by @arriefcan via instagram
Pantai Kata sanggup dibilang salah satu tempat terindah yang terletak di perbatasan Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

Sesampai di pantai ini Anda akan disambut hamparan pemandangan indah dengan deburan ombak yang menggulung menciptakan nyaman mata siapa saja yang memandangnya.

Kata merupakan singaktan dari dua desa yang menjadi lokasi Pantai ini yaitu nagari Karan Aur dan nagari Taluik. Dari sentra kota Pariaman Anda harus melewati jalan sejauh 5 kilometer untuk datang di pantai ini, sanggup memakai angkot dengan tarif Rp3.000,- dan ojek sekitar Rp7.000,-.

Di pantai ini suasana masih sangat alami, fasilitas yang tersedia pun seadanya. Sangat jarang ada penjual makanan. Namun, pantai ini sangat cocok buat Anda yang ingin menikmati suasana indah dan pemandangan sunset yang luar biasa.

3. Pantai Cermin

sumber : kidalnarsis.blogspot.com
Tak jauh dari pantai Kata, terdapat satu lagi pantai yang sangat indah dengan perpaduan hamparan pasir keabu-abuan, pepohonan pinus dan gulungan ombak yang sangat memanjakan mata.

Mengunjungi pantai ini sangat sempurna dilakukan di sore hari, alasannya dari tempat ini Anda sanggup mencicipi suasana romantis berupa pemandangan sunset yang luar biasa.

4. Pantai Belibis

sumber : www.kaskus.co.id
Satu lagi pesona indah yang terletak tak jauh dari sentra kota Pariaman. Lokasi tepatnya di daerah Naras 2 Pariaman Utara, pantai ini mempunyai sebuah telaga atau orang setempat biasa menyebutnya Talao.

Pemandangan indah dengan pasir pantai yang landai serta maritim yang berombak menciptakan pantai ini sangat ramai dikunjungi. Keindahan sunsetnya menciptakan senja di tempat ini terasa begitu indah. Apalagi tidak dikenakan biaya apapun (gratis) untuk masuk ke lokasi pantai ini.

5. Pulau Angso Duo

a photo by @fathris via instagram
Lokasi pulau ini yaitu di seberang pantai Gandoriah dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. 

Cukup dengan Rp40.000, Anda sanggup menyeberang ke pulau yang elok dan eksotis ini. Pantai di pulau ini landai dan berpasir putih dengan ombak yang sangat tenang.

Menikmati pulau ini tak lengkap rasanya jikalau tidak melaksanakan snorkeling menikmati indahnya terumbu karang jenis arcopora dan biota maritim menyerupai teripang.

Berkeliling pulau ini merupakan salah satu hal yang wajib Anda lakukan. Anda akan menemukan rute perjalanan yang begitu mengasyikan menjelajahi secara keseluruhan pulau mungil ini. Benar-benar indah dan menakjubkan.

6. Warung Sate Ajo khas Pariaman

sumber : ilhamitem.blogspot.com
Sate Pariaman yaitu satu dari tiga sate khas Sumatera Barat yang wajib Anda cicipi. Sate khas Pariaman mempunyai kuah yang sedikit kemerahan dengan citarasa pedas yang khas.

Menikmati masakan satu ini sanggup menjadi pilihan wisata masakan Anda di kota Pariaman. Selain enak, harganya pun pas dikantong.

7. Air Terjun Nyarai

a photo by @dewisulasih via instagram
Bicara traveling tak lengkap rasanya jikalau kita tidak membahas air terjun. Rasanya objek wisata yang satu ini mempunyai daya pikat tersendiri.

Salah satu gerojokan terindah ada di Pariaman, tepatnya di Kab. Padang Pariaman. Air Terjun Nyarai terletak di Hutang Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera barat.

Dari Kota Pariaman berjarak 31 kilometer melewati jalan Nan Sabaris - Lubuk Alung. Waktu tempuh sekitar 50 menit dengan kondisi jalan cukup baik.  Tak gampang memang menuju ke lokasi gerojokan ini. Karena sesampainya di posko registrasi menuju gerojokan selanjutnya Anda harus berjalan melewati hutan dan sungai selama kurang lebih 2 hingga 3 jam.

Setiba di lokasi gerojokan rasa lelah pun hilang. Kondisi gerojokan yang begitu alami dan dikelilingi pepohonan rindang menciptakan hati terasa menjadi sejuk. 

Kalau di lokasi gerojokan yang secantik ini sayang rasanya tak menceburkan diri. Apalagi terdapat kolam alami yang menciptakan Anda betah berenang di tempat ini.

Bagi anda para petualang sejati gerojokan ini sanggup menjadi salah satu tujuan wisata Anda di  Pariaman. Jangan lupa persiapan yang matang perjalanan trekking Anda menuju gerojokan ini.

8. Air Terjun Baburai

sumber : www.ondehmandeh.com
Satu lagi gerojokan elok yang terdapat tak jauh dari kota Pariaman. Tepatnya Korong Alahan Tabek, Nagari Sikucur, Kec V Koto Kp Dalam, Kabupaten Padang Pariaman. 

Air terjun ini sangat indah dengan kondisi alam yang masih terjaga keindahan dan keasriannya. Air terjun ini hanya berjarak 20 kilometer dari kota Pariaman. Karena itu gerojokan nan elok ini selalu ramai dikunjungi pada selesai pekan.

9. Anai Resort

sumber : anairesort-golf.com
Bicara perjalanan wisata tak lengkap rasanya jikalau kita tidak berbicara tempat menginap. Anai Resort merupakan salah satu pilihan yang sempurna menjadi tempat menginap Anda di Kabupaten Padang Pariaman. 

Anai Resort terletak di daerah Malibo Anai, Kab. Padang Pariaman. Salah satu tempat yang sempurna untuk menikmati alam pegunungan yang sangat asri dan sejuk.

Resort yang mempunyai konsep tempat rekreasi ini memperlihatkan fasilitas wisata seperti wisata Puncak Anai dengan tiket Rp. 10.000,-/org dan camping ground dengan biaya Rp25.000,-.

Selain fasilitas dan fasilitas yang luar biasa kita dapatkan. Menginap di tempat ini Anda juga akan melihat view alam yang luar biasa.

10. Pulau Kasiak

sumber : pustaka.pandani.web.id
Pulau Kasiak merupakan salah satu pulau yang berada di seberang pantai Gandoriah. Pulau ini terbilang yang paling jauh jaraknya. Untuk ketempat ini Anda sanggup naik boat dengan membayar sebesar Rp70.000,- dengan waktu tempuh sekitar 30 menitan. 

Diantara pulau lain yang berada di bersahabat pantai Gandoriah, pulau ini terbilang cukup eksotis. Pasirnya yang putih kecoklatan dan alam bawah maritim luar biasa menciptakan pulau ini menjadi syurga yang sempurna untuk Anda menikmati liburan.

11. Pulau Ujung

sumber : travel.kompas.com
Pulau tak berpenghuni ini mempunyai panorama yang sangat indah. Perpaduan maritim biru, pasir putih dan nyiur melambai menciptakan pantai ini menjadi salah satu tempat yang wajib Anda seberangi jikalau ke Pantai Gandoriah.

12. Pulau Tangah

sumber : www.skyscrapercity.com
Pulau ini juga berlokasi berdekatan dengan pantai Gandoriah. Keindahannya menciptakan Anda akan terpesona berada di tempat ini.

13. Pulau Bando

sumber : lokapekanbaru.wordpress.com
Pulau ini juga tak kalah indahnya dengan pulau lainnya yang ada di Sumatera Barat. Pulau tak berpenghuni ini mempunyai pantai berpasir putih, alam bawah maritim yang indah dan hamparan pepohonan hijau yang menyejukkan mata. 

Dari pulau ini Anda akan menikmati indahnya sunset di sore hari dan sanggup melaksanakan camping yang mengasyikkan di pulau ini.

Keindahan alam Indonesia memang tak ada habisnya. Kota Pariaman dan Kab. Padang Pariaman merupakan bukti keindahan konkret karya yang kuasa yang wajib kita syukuri. Semoga objek wisata nan indah tersebut tetap terjaga keindahannya dan keasriannya.

14. Pemandian Tirta Alami Malibo Anai 

sumber : blog.reservasi.com
Pemandian ini berada dalam daerah Andai Resort. Objek wisata yang satu ini sangat ramai dikunjungi di selesai pekan.

Pemandian ini tersa sangat sejuk dan airnya sangat jernih. Pemandian ini yaitu tempat yang sempurna bagi Anda untuk melepas penat dan lelah dengan keindahan alam yang luar biasa.

15. Panorama Puncak Kiambang

sumber : www.jotravelguide.com
Puncak Kiambang yaitu nirwana dengan hamparan pemandangan yang begitu indah. Bak lukisan, Gunung, sawah dan pepohonan rindang berpadu memperlihatkan suasana yang sangat hening dan tentram. 

Berjarak hanya sekitar 26 kilometer dari Kota Pariaman tepatnya di Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman.

Sumatera Barat merupakan salah satu nirwana wisata di Indonesia. Keindahan dan keunikannya menciptakan siapa saja merasa sangat tertarik berkunjung ke propinsi ini. Pesona kota Pariaman dan Padang Pariaman merupakan anugerah terindah Tuhan yang patut kita syukuri. Semoga tempat-tempat nan indah tersebut senantiasa lestari dan terjaga keindahannya.

Baca juga .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 Kawasan Wisata Di Pariaman Yang Paling Menarik Untuk Dikunjungi"

Posting Komentar